Anti Mati Gaya Saat Dilarang Mudik, Staycation di Hotel Sekeluarga Bisa Jadi Pilihan
Staycation di hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta (Foto: IG @hvertuharmoni)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melarang masyarakat mudik lebaran atau Idul Fitri tahun ini demi mencegah penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. Larangan ini berlaku mulai 6-17 Mei 2021. Biar nggak mati gaya selama libur Idul Fitri, kamu bisa coba lakukan staycation di hotel bersama keluarga. 

Selama staycation, banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan. Jika kamu menginap di hotel bintang tiga ke atas, jangan lupa untuk menjajal semua fasilitas outdoor atau ruang terbuka. Fasilitas seperti kolam renang, taman, tempat olahraga dan lainnya bisa digunakan dengan semaksimal mungkin oleh tamu.

Fasilitas WiFi di hotel juga bisa kamu manfaatkan untuk marathon nonton film favorit keluarga. Kamu juga bisa main game online sepuasnya bersama keluarga. Untuk dokumentasi, biasanya hotel memiliki spot-spot foto yang Instagramable, jadi hunting foto pun bisa jadi satu kegiatan seru bersama keluarga. Makan malam hingga sarapan bersama keluarga tentu akan berbeda rasanya jika dilakukan di hotel.

Jika masih ragu, kamu bisa tanyakan dulu kepada pihak hotel tentang standart protokol yang mereka terapkan. "Kami punya satgas COVID-19 internal, jadi kita punya tim bantuan untuk menegakkan protokol kesehatan di hotel kita. Harapannya, bisa aman untuk kita, karyawan, manajeman, juga tamu," ujar Eva Rosdiana, Hotel Manager Harris Vertu & Yello Hotels Harmoni, ditemui usai buka bersama anak Yatim dan Doubel Dobol, Senin, 20 April. 

Aturan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memperbolehkan hotel beroperasi dengan batasan tingkat hunian maksimal 50% memberikan gairah pada sektor perhotelan. Mereka berbenah untuk menyambut libur lebaran 2021. 

"Sebenarnya kalau boleh jujur, hotel di Jakarta senang banget ya. Harapannya tingkat occupancy lebih naik. Karena biasanya lebaran di periode normal kita nggak terlalu optimis. Karena sekarang nggak bisa traveling ke luar kota, kita hadirin paket-paket yang bisa diterima untuk staycation di hotel bersama keluarga yang nggak bisa mudik dan nggak ada pembantu," katanya. 

Hotel Vertu & Yello Hotels Harmoni sendiri berharap tingkap hunian mereka bisa nemenbus 60-70 persen di masa lebaran nanti. "Dari tanggal 6-20 Mei kita sudah siapkan diskon khusus dengan harga mulai dari Rp500.000 termasuk lebaran untuk dua orang. Dari sekarang sudah bisa booking," jelas Eva.