Tren <i>Traveling</i> Baru di Tengah Pandemi
Ilustrasi (Porapak Apichodi/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meski masih dalam kondisi pandemi, banyak orang sudah mulai tidak bisa menahan diri untuk pergi liburan. Melakukan perjalanan di tengah situasi seperti sekarang ini pastinya akan sedikit berbeda.

Anda tidak bisa leluasa pergi ke tempat wisata, pun harus mau lebih ‘ribet’ demi mengikuti protokol kesehatan, misalnya harus melakukan tes terhadap Covid-19. 

Namun, bila sudah memutuskan untuk tetap pergi, ada beberapa gaya traveling yang bisa Anda lakukan. Pastinya tetap mengutamakan kesehatan, tidak bergerombol, dan menjaga kebersihan pribadi. Jangan lupa stok masker yang banyak dan perlengkapan kesehatan ya!

Staycation

Buat Anda yang sudah bosan di rumah dan ingin cari suasana baru, bisa coba liburan dengan gaya staycation. Biasanya orang akan memilih penginapan yang nyaman dengan fasilitas lengkap kemudian menginap beberapa hari dan hanya berkegiatan di sekitaran hotel. Staycation cocok untuk Anda yang cuma ingin bersantai-santai menghilangkan kejenuhan. 

Nah, Anda bisa memilih hotel dengan area outdoor yang luas. Bisa juga memilih staycation di resort tepi pantai atau villa yang jauh dari keramaian. 

Road trip

Gaya traveling lain yang sedang banyak dilakukan selama pandemi adalah road trip dengan mobil pribadi. Ini meminimalisir naik kendaraan umum selama berjalan-jalan. Jadi, Anda cukup naik mobil bersama orang-orang yang bepergian bersama sejak pergi sampai pulang. Pun bisa menghindari keramaian seperti di stasiun atau bandara. 

Dengan road trip, Anda bisa pindah-pindah ke beberapa kota bila waktunya memungkinkan. Bahkan, banyak juga lho yang road trip sampai pindah pulau, seperti dari Bandung atau Jakarta ke Bali. 

Liburan ke pulau

Traveling ke pulau juga bisa jadi pilihan menarik. Anda dan grup kecil bisa melakukan perjalanan ke pulau yang tidak ramai lalu menikmati waktu santai di sana. Anda bisa staycation, jalan-jalan menikmati alam sekitar, bahkan berlayar! Beberapa pulau yang bisa Anda pertimbangkan misalnya Pulau Macan, Derawan, Labuan Bajo, Sumba, dan Nusa Penida.