Kurang Terkenal, Pulau di Yunani Ini Justru Destinasi Wisata Pertama Bebas COVID-19 di Eropa
Pulau Kastellorizo (Wikimedia Commons/Chris Vlachos)

Bagikan:

JAKARTA - Pulau Kastellorizo ​​di Yunani yang tidak terlalu terkenal, dipuji atas keberhasilan program vaksinasi COVID-19, bahkan menjadi yang pertama di Eropa benar-benar bebas COVID-19.

Terletak di bagian terpencil Laut Aegea, beberapa kilometer dari pantai Turki, pulau ini berhasil memvaksinasi COVID-19 seluruh penduduknya yang berjumlah 520 orang, dengan dosis pertama dan kedua dari vaksin Pfizer.

Juga dikenal sebagai Castelrosso, daratan terjauh di Dodecanese ini adalah latar untuk film Mediterraneo, yang disutradarai oleh Gabriele Salvatores, yang bercerita tentang sekelompok kecil tentara Italia yang dikirim ke sebuah pulau Yunani yang terisolasi selama Perang Dunia II.

Film ini memenangkan Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik pada tahun 1992.

Banyak agen perjalanan telah mengalihkan perhatian mereka ke Kastellorizo. Menurut Ethnos Yunani, mereka memperkirakan pariwisata di pulau tersebut akan tumbuh 35 persen tahun ini, seperti melansir Euronews.

yunani
Dermaga kapal di Kastellorizo. (Wikimedia Commons/Chris Vlachos)

Kastellorizo ​​yang gersang dan berbatu dikatakan sebagai surga yang murni. Tidak memiliki pantai yang terkenal, tetapi memiliki atraksi lain, seperti kastil kuno dan Blue Grotto seperti katedral, gua laut yang hanya dapat diakses dengan berbaring di atas perahu.

Karena begitu dekat dengan Turki, pulau yang penuh warna ini pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman. Jadi selain gereja dan kapel khas Yunani, Anda juga akan menemukan masjid dengan menaranya.

Pelabuhannya yang mengesankan dan rumah mewah neoklasik tradisional Eropa semuanya memiliki latar belakang yang indah, dengan pemandangan laut biru kehijauan sampai ke Turki.

Untuk diketahui, sejak Maret lalu, hanya satu kasus COVID-19 yang terdeteksi di Kastellorizo. Pemerintah Yunani berusaha melindungi pulau-pulau kecil yang tidak memiliki rumah sakit besar dengan memvaksinasi seluruh penduduknya.

Oleh karena itu, strategi Yunani adalah membuat semua daerah kecil dan terpencil bebas COVID-19 menjelang musim panas. Mereka akan mempromosikan strategi ini secara internasional, dengan harapan memberikan dorongan baru bagi pariwisata.