Sebagai Anak Berbakti, Begini 9 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Ayah
Ilustrasi anak dan ayah (Freepik/master1305)

Bagikan:

JAKARTA – Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam mempererat hubungan dengan orang tuanya. Setiap orang juga memiliki kualitas hubungan yang berbeda-beda dengan orang tuanya, khususnya ayah.

Untuk menjalin kedekatan dengan ayah, simak ulasan singkat berikut.

Mengusahakan

Tanpa menunggu menerima pesan dari ayah, Anda perlu mengusahakan. Seseorang mungkin tidak selalu mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Itu berarti Anda tak perlu menunggu tetapi perlu berinisiatif untuk berjalan-jalan atau makan malam yang menyenangkan bersama ayah.

Libatkan dia dalam kehidupan Anda

Sesekali, kirimkan foto keluarga atau cucu-cucunya. Beri tahu apa aktivitas Anda atau sering-sering meneleponnya. Mungkin ayah tidak mengekspresikan langsung ketika melihat Anda dan keluarga baik-baik saja. Tetapi ia pasti akan menghargai apabila dilibatkan dalam segala yang terjadi pada hidup Anda.

Tunjukkan ikatan

Ikatan anak dan orang tuanya memang tak perlu didramatisir. Hanya saja, tak rugi apabila sekali waktu tidak menolah ketika ia memeluk Anda. Seseorang yang tidak memiliki kedekatan dengan ayahnya mungkin akan merasa asing. Tetapi, tak salah jika berinisiatif untuk duduk lebih dekat.

Menerima apa adanya

Bukan ‘kah setiap orang memiliki sifat dan karakter berbeda-beda? Seberapapun galaknya ayah Anda, ia berharap diterima apa adanya.

Membuka obrolan ringan

Jika Anda dan ayah Anda tidak terbiasa mengobrol hal-hal ringan, cobalah untuk berbasa-basi untuk membuka obrolan. Temukan sesuatu yang ia minati dan mungkin akan lebih mudah menjalin hubungan lebih dekat dengan ayah.

Membangun kepercayaan

Basa-basi baiknya dilandasi kejujuran dan ketulusan. Sebab dua hal tersebut mampu membangun kepercayaan antara anak dan ayahnya.

hubungan ayah dan anak
Ilustrasi ayah dan anak-anaknya (Unsplash/Kate Hliznitsova)

Tanyakan tentang masa kecilnya

Memiliki jarak usia yang jauh membuat hubungan dua orang berjarak. Tidak hanya memiliki tantangan hidup yang berbeda, tetapi juga sang ayah berkemungkinan besar merindukan masa-masa indah. Berbagi pengalaman tentang masa kecil bisa jadi satu cara mempererat jalinan hubungan keluarga.

Menghabiskan waktu bersama

Seperti halnya meluangkan waktu untuk menelepon atau memberi kabar, menghabiskan waktu bersama ayah dapat mempererat hubungan baik. Alih-alih berkonflik atau berbeda pendapat, menghabiskan waktu bersama justru membuat kenangan indah.

Kenali pola pikirnya

Konflik atau berbeda pendapat itu biasa, tetapi yang luar biasa adalah bagaimana cara menyelesaikannya dengan bijak. Mungkin bagi orang yang lebih tua akan lebih sulit untuk menerima atau mengerti bagaimana cara pikir orang yang lebih muda.

Namun, apabila Anda memiliki niat baik maka cobalah kenali pola pikirnya.

Menurut versi Anda, apa yang telah Anda lakukan untuk mempererat hubungan baik dengan orang tua terutama ayah?