Bagikan:

JAKARTA - Timbunan lemak atau visceral fat pada perut dapat mengganggu penampilan dan kesehatan. Seseorang bisa berisiko mengalami diabetes dan penyakit jantung akibat lemak tersebut.

Namun, tak perlu khawatir, karena timbunan lemak diperut dapat disingkiran dengan beberapa cara, salah satunya mengonsumsi teh yang tepat. Mengutip laman Eat This, Not That, terdapat 3 teh yang dapat membakar lemak perut.

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan teh yang sering digunakan untuk membakar lemak perut. Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Physiology & Behaviour menemukan bahwa peserta obesitas yang teratur meminum teh hijau kehilangan lebih banyak berat badan secara keseluruhan, dibanding peserta yang tidak meminumnya.

Sebagian besar khasiat penurunan berat badan disebabkan oleh kayanya polifenol, dan subkelompok polifenol yang dikenal sebagai katekin. Katekin yang melimpah bisa ditemukan dalam teh hijau, yang berkaitan dengan percepatan metabolisme.

2. Teh hitam

Teh selanjutnya yang bisa membantu membakar lemak perut adalah teh hitam. Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam memiliki sifat anti-obesitas dan dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak visceral.

Studi tahun 2014 yang diterbitkan di Food & Function menyebutkan bahwa minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan mengalami penurunan berat badan dan pengurangan lingkar pinggang.

3. Teh oolong

Teh oolong juga dapat membantu mengatasi lemak pada perut. Teh ini berasal dari daun yang sama dengan teh hijau dan teh hitam, tetapi teh ini teroksidasi sebagian, sedangan teh hijau tidak teroksidasi dan teh hitam mengalami oksidasi penuh.

Dengan demikian, teh ini juga memiliki polifenol yang dikaitkan dengan metabolisme lebih cepat dan pengurangan lemak tubuh, termasuk bagian perut. Teh ini dapat semakin meningkatkan pemecahan lemak ketika tidur.