Bagikan:

JAKARTA - Jamur kuping memilki nama ilmiah "Auricularia auricular". Jamur ini dikenal dengan nama jamur kuping, karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga manusia.

Karakteristik unik dari jamur ini memiliki tubuh buah yang kenyal jika dalam keadaan segar. Jamur berwarna hitam ini adalah kuliner yang populer di berbagai hidangan Asia. Jamur ini juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama ratusan tahun.

Jamur ini dikenal karena potensinya dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan sifat antimikroba. Berikut manfaat mengonsumsi jamur kuping yang jarang diketahui oleh orang-orang, seperti dilansir dari Healthline, seperti dilansir VOI dari laman Healthline pada Rabu, 23 Oktober 2024.

1. Mengandung antioksidan yang kuat

Jamur, termasuk spesies Auricularia, dikenal mengandung antioksidan yang tinggi. Senyawa tanaman yang bermanfaat ini membantu melawan stres oksidatif dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan peradangan dan berbagai penyakit.

Terlebih lagi, jamur sering kali mengandung antioksidan polifenol. Antioksidan kuat ini telah dihubungkan dengan pengurangan risiko kanker dan kondisi kronis, seperti penyakit jantung.

2. Meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh

Sama halnya dengan berbagai jamur lainnya, jamur hitam mengandung prebiotic, terutama dalam bentuk beta glukan.

Prebiotik adalah jenis serat yang memberi makan mikrobioma usus, atau bakteri baik di usus. Ini meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga keteraturan usus.

Menariknya, mikrobioma usus terkait erat dengan kesehatan kekebalan tubuh. Prebiotik yang ada dalam jamur hitam dianggap meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen berbahaya yang berpotensi menyebabkan penyakit.

3. Menurunkan kolesterol

Kandungan polifenol dalam jamur dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat). Kolesterol LDL yang lebih rendah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Satu penelitian menemukan jamur kuping dapat menurunkan kolesterol total dan LDL (jahat) secara signifikan.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Jamur dianggap menjaga fungsi otak yang sehat. Satu studi mengungkapkan jamur kuping dapat menghambat aktivitas beta secretase, enzim yang melepaskan protein beta amiloid. Protein ini bersifat toksik bagi otak dan dikaitkan dengan penyakit degeneratif, seperti Alzheimer.

5. Melindungi hati

Jamur hitam dapat melindungi hati dari kerusakan akibat zat tertentu. Dalam sebuah studi, larutan air dan jamur hitam membantu membalikkan serta melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh overdosis asetaminofen.

Foto: Instagram/@rumahsayurid