Selain Meredakan Demam, Ini Manfaat Sereh untuk Kesehatan
Ilustrasi manfaat sereh untuk kesehatan (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sereh atau serai telah banyak digunakan sebagai obat alami mengatasi masalah pencernaan, masalah saraf, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, sereh juga dilaporkan bersifat antibakteri dan antijamur. Kalau orang dulu, secara tradisional membuat sereh menjadi teh dicampurkan dengan, jahe, dan madu. Ini manfaatnya untuk meredakan nyeri dan demam. Terdapat senyawa citral dalam sereh, senyawa ini juga memberi efek anti-inflamasi.

Dalam satu ons serai, mengandung kalori (30), protein (1 gram), tidak mengandung lemak, dan karbohidrat (7 gram). Sereh juga mengandung zat besi, kalsium, vitamin C. Zat besi ini merupakan komponen penting dari hemogrolin. Potensi manfaat kesehatan dari sereh, diantaranya sebagai berikut:

1. Efek anti-inflamasi

Sereh mengandung quercetin, kandungan ini termasuk flavonoid yang dikenal memiliki manfaat antioksidan dan anti-inflamasi. Quercetin mengurangi peradangan yang menghambat pertumbuhan kanker dan mencegah penyakit jantung.

manfaat sereh untuk kesehatan
Ilustrasi manfaat sereh untuk kesehatan (Freepik/chanwitw)

2. Mengurangi kolesterol

Sereh digunakan di Afrika sebagai pengobatan penyakit jantung, dilansir WebMD, Jumat, 15 September. Sebuah penelitian melakukan pengobatan dengan ekstrak serai selama tujuh hari pada tikus. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa sereh dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi secara signifikan.

3. Anti jamur untuk dipakai secara topikal

Serai juga diolah menjadi minyak esensial yang menunjukkan efek menghilangkan jamur dan inflamasi jika dioleskan. Para peneliti menguji penerapan minyak sereh secara topikal pada infeksi jamur dan kondisi peradangan kulit pada tikus. Meskipun obat ini menjanjikan potensi efektif, tetapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

4. Mengobati infeksi E. Coli

Infeksi bakteri E. Coli dapat menyebabkan keracunan makanan jika Anda mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan pneumonia. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak sereh dapat mengurangi toksisitas kultur E. Colii dan dapat membantu mengobati infeksi bakteri pada saluran pencernaan.

manfaat sereh untuk kesehatan
Ilustrasi manfaat sereh untuk kesehatan (Freepik/mockupdaddy-com)

Sereh manjur untuk mengobati masalah kesehatan seperti disebutkan di atas. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi ekstrak sereh secara rutin bersamaan dengan obat yang harus Anda minum harian. Ibu hamil juga perlu menghindari minum teh sereh untuk menjaga keamanan kandungan.