Meski Sudah Makan Makanan Sehat, Hindari Lakukan 7 Kesalahan Ini
Ilustrasi kesalahan makan makanan sehat (Freepik/stocking)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak sekali daftar makanan sehat, apakah sebagian besar masuk dalam list Anda? Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung mikronutrien dan makronutrien serta berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tetapi, kesalahan masih sering dilakukan karena tak memperhatikan aspek tertentu dalam menyajikan makanan tersebut. Apa saja kesalahan yang kerap tak disadari dalam memilih dan mengonsumsi makanan sehat? Ini perlu Anda perbaiki.

1. Makan jeruk bali bersamaan dengan minum obat

Segala jenis jeruk bisa menimbulkan masalah jika Anda memiliki beberapa resep yang harus diminum harian. Obat statin untuk kolesterol, tidak boleh diminum bersamaan dengan makan jeruk bali.

Jeruk bali membuat tubuh menyerap obat lebih banyak dari biasanya. Ini akan menyebabkan efek samping. Artinya, tanyakan pada dokter Anda apakah ada pengaruh atau pantangan makanan ketika minum obat resep yang harus Anda minum.

kesalahan makan makanan sehat
Ilustrasi kesalahan makan makanan sehat (Freepik/stefamerfik)

2. Terlalu banyak makan kubis

Ketika makanan memiliki khasiat tertentu, banyak orang berpikiran semakin banyak mengonsumsinya semakin banyak khasiat didapat. Tetapi ini keliru, karena bahan makanan jenis apapun meskipun sehat tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

3. Memetik jamur sendiri

Jamur sarat dengan nutrisi, rendah kalori, bahkan berpotensi menurunkan risiko kanker. Tetapi, hindari memetik jamur liar sendiri karena tidak semua jenis jamur bisa aman dikonsumsi. Lebih aman, belilah jamur di supermarket atau petani jamur lokal.

4. Makan banyak sayur hijau

Sayuran hijau, khususnya bayam, banyak mengandung oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal. Dokter Anda mungkin merekomendasikan porsi konsumsi tak lebih dari 40-50 miligram oksalat sehari. Sejumlah setengah cangkir daun bayam, mengandung sekitar 10 miligram. Ini berarti sesuaikan jumlah konsumsi tanpa melebihi batas aman.

kesalahan makan makanan sehat
Ilustrasi kesalahan makan makanan sehat (Freepik)

5. Terlalu banyak makan ikan

Ikan baik dikonsumsi tetapi lebih baik lagi dalam jumlah terbatas dan jenis yang direkomendasikan sesuai kondisi kesehatan Anda. Dalam setiap minggu, melansir WebMD, Rabu, 18 Januari, hanya disarankan makan 8-12 ons ikan. Tepatnya dua kali seminggu makan udang, tuna, atau salmon. Bagi ibu hamil, hindari mengonsumsi ikan yang tinggi merkuri, seperti makarel raja, hiu, ikan todak, dan tilefish.

6. Kebanyakan minum air

Jarang sekali orang bisa minum kebanyakan air, karena umum mengalami kekurangan cairan. Tetapi ada dua kondisi yang mendorong banyak minum air. Pertama kondisi kesehatan mental yang mendorong minum air secara kompulsif. Kedua, Anda banyak melakukan olahraga berat dan terlalu banyak minum air putih. Pastikan Anda minum sesuai rekomendasi atau kurang lebih 8 gelas sehari sejumlah 2 liter air.

7. Makan makanan sehat tetapi mengandung solanin

Sayuran sehat, seperti terong, paprika, kentang, dan tomat, mengandung solanin yang jika kebanyakan konsumsi dapat menyebabkan nyeri sendi. Meski belum ditemukan penelitian spesifik, tetapi Anda perlu mengetahui setiap efek setelah makan banyak jenis sayuran tersebut. Karena setiap orang memiliki kondisi tubuh berbeda, dan perlu membatasi porsi, maka hindari makan melebihi porsi aman supaya makanan sehat tak jadi sumber malapetaka.

Itulah kesalahan yang kerap dilakukan dalam makan makanan sehat. Rekomendasinya, ukur porsi, batasi garam dan makanan lemak jenuh, serta kombinasikan makanan sehat agar tak satu jenis saja yang mendominasi.