Bagikan:

YOGYAKARTA – Menunjukkan kasih sayang di depan umum, atau disebut public display of affection (PDA), merupakan tindakan keintiman bagi para pasangan dihadapan orang lain. Ini termasuk memeluk, mencium, atau memegang tangan. Menurut psikolog klinis Sabrina Romanoff, PsyD., terdapat beberapa alasan kenapa pasangan menunjukkan kasih sayang di depan umum.

Pertama, sering kali merupakan tanda bahwa pasangan tersebut berada dalam fase awal hubungan. Karena itu mereka sangat bersemangat dan berhasrat untuk bersama-sama berdua. Alasan kedua kenapa pasangan menunjukkan kasih sayang di depan publik, untuk mencerminkan rasa aman dan percaya diri serta intens dengan hubungan mereka. Ini menandai hubungan berpasangan tersebut diakui satu sama lain dan saling memvalidasi secara terbuka. Tetapi, alasan ketiga menurut Romanoff, menunjukkan hubungan berpasangan sedang tidak aman.

Manfaat menunjukkan kasih sayang di depan publik bagi pasangan

Meskipun banyak faktor yang mendorong PDA, tetapi memiliki sejumlah manfaat untuk hubungan yang terjalin. Melansir VeryWellMind, Senin, 21 Oktober, berikut manfaat menunjukkan kasih sayang pada pasangan di depan umum.

efeknya menunjukkan kasih sayang di depan umum untuk hubungan pasangan
Ilustrasi efeknya menunjukkan kasih sayang di depan umum untuk hubungan pasangan (Freepik)

1. Membangun keintiman

Menekankan ikatan Anda dan pasangan di depan umum menandai bahwa Anda benar-benar menginginkan pasangan Anda. Ini juga menandai bahwa pasangan Anda penting serta berharga bagi Anda. Selain itu, juga membantu membangun kasih sayang, keintiman, dan kedekatan dalam hubungan.

2. Meningkatkan ikatan

Sentuhan fisik adalah cara ampuh membuat Anda dan pasangan terikat. Jadi bersikap penuh kasih sayang dengan pasangan dapat menyebabkan Anda berdua mengalami lonjakan oksitosin. Hormon ini adalah neurotransmitter yang mendukung jalinan ikatan dengan pasangan.

3. Mengurangi stres

Sentuhan juga dapat meningkatkan stres. Ini dapat meyakinkan pasangan Anda tentang komitmen hubungan dan bahkan mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh.

efeknya menunjukkan kasih sayang di depan umum untuk hubungan pasangan
Ilustrasi efeknya menunjukkan kasih sayang di depan umum untuk hubungan pasangan (Freepik)

4. Mendobrak tabu

Apabila Anda dan pasangan berkomitmen bersama, tak salah apabila saling memegang tangan atau memeluk. Tetapi karena norma di negara ketimuran sangat kental, perlu juga mempertimbangkan bagaimana lingkungan Anda berdua.

Selain keempat manfaat di atas, penelitian menunjukkan bahwa dalam hubungan yang penuh kasih sayang berkaitan dengan kebahagiaan dan kepuasan hubungan lebih besar. Tetapi, penting juga mewaspadai negatifnya efek dari menunjukkan kasih sayang di depan umum.

Dampak negatif menunjukkan kasih sayang di depan umum

Menurut Romanoff, pada kondisi tertentu menunjukkan kasih sayang di depan umum juga bisa berdampak negatif pada hubungan berpasangan. Ini terkait perbedaan preferensi, misalnya apabila pasangan Anda tidak merasa nyaman dan lebih tertutup ketika di depan publik. Ini akan membuat pasangan Anda merasa canggung, malu, dan tidak suka. Lebih jauh lagi, banyak orang takut menunjukkan kasih sayang dengan sentuhan fisik (misalnya berpelukan, ciuman, atau pegangan tangan) bisa merusak reputasi baik secara sosial maupun profesional. Karena itulah pasangan ingin menjaga kasih sayang tetap ada pada ruang privat.

Kesalahpahaman tentang menunjukkan kasih sayang di depan umum mungkin terjadi karena perbedaan preferensi, budaya, dan nilai yang dipegang. Misalnya dianggap tidak sopan, tidak pantas, terlalu intim, sehingga bisa membuat orang lain juga merasa tidak nyaman. Karena itulah, melihat batasan dan mengenali situasi sosial dan profesional yang dimiliki pasangan penting juga dipertimbangkan.

Saran Romanoff, sebelum menunjukkan kasih sayang di depan umum, dua orang yang berkomitmen dalam hubungan berpasangan perlu saling terbuka mengenai preferensi masing-masing. Apakah sama-sama merasa nyaman dengan berbagi kasih dengan wujud sentuhan, saling menyuapi makan, hingga memberikan bantuan tertentu ketika di depan umum.