Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat menghadapi kesulitan dalam hubungan berpasangan, mungkin akan muncul pertanyaan besar, haruskah hubungan dipertahankan atau diakhiri. Wajar apabila muncul pikiran pesimis tatkala terbentur masalah dengan pasangan. Namun sebelum memutuskan, penting untuk mengevaluasi dan melihat layak atau tidaknya hubungan dipertahankan.

Menurut psikoterapis yang spesialis dalam hubungan, cinta, keintiman, trauma dan kodependensi, Ivy Kwong, LMFT., beberapa pertanyaan pada diri sendiri harus terjawab. Seperti apakah pasangan memberi nilai tambah dalam hidup Anda, berapa lama bersama, apakah berdua pernah berhasil melewati masa-masa sulit bersama. Petanyaan ini penting untuk pertimbangan apakah hubungan layak dipertahankan. Selain itu, berikut petunjuk kalau hubungan layak dipertahankan.

tanda hubungan layak dipertahankan
Ilustrasi tanda hubungan layak dipertahankan (Freepik/pozdnikovklinker-1)

1. Pasangan tidak menyerah

Hubungan yang solid terbangun atas kerja sama berdua. Kalau Anda melihat petunjuk bahwa pasangan Anda tidak menyerah, ini salah satu tanda hubungan layak dipertahankan. Saat menemukan ini, Anda memiliki sesuatu yang tak ternilai, komitmen, dan hal yang luar biasa untuk membangun hubungan lebih harmonis.

2. Bisa komunikasi terbuka

Sulit untuk terbuka kepada orang lain dan berbagi kebenaran seluruhkan dengan seseorang. Itu adalah lambang sepenuhnya menjadi “telanjang”. Melansir VeryWellMind, Kamis, 17 Oktober, berbagi rasa tekut, kekurangan, dan rahasia bukan hal yang bisa dianggap enteng. Membuka diri dengan cara ini, bagi beberapa orang sangat sulit. Tetapi apabila Anda dan pasangan bisa melakukan berdua, artinya berdua saling percaya. Lebih jauh lagi, tersandung masalah dalam hubungan adalah hal wajar karena kehidupan bukankah sebuah dinamika yang terus-menerus berputar.

3. Berpikiran dewasa

Jika Anda cukup dewasa untuk memahami bahwa kita semua adalah manusia, cinta mampu bertahan lama. Tentu saja, manusia akan gagal, membuat kesalahan, dan terjatuh. Namun jika Anda memiliki seseorang yang bersedia bertanggung jawab mengatasi kegagalan mereka, artinya ia begitu berarti. Memaafkan dan tidak menyimpan dendam, penting untuk memulai hubungan lebih harmonis.

4. Anda tetap peduli

Tidak peduli berapa kali pasangan Anda membuat Anda kesal atau marah, tetapi Anda tetap peduli pada kesejahteraannya. Jika Anda peduli, artinya masih ada harapan untuk hubungan tersebut. Selama pasangan Anda tidak melakukan apapun yang membuat Anda takut, hubungan layak dipertahankan.

5. Anda dan pasangan tetap sahabat

Umumnya, hubungan terbaik berawal dari persahabatan. Baik dimulai dari teman yang lambat laun jadi semakin solid, ini tanda hubungan layak diselamatkan karena kehilangan hubungan dan persahabatan akan merugikan. Sarannya, duduk bersama sebagai teman dan diskusikan masalah yang dialami. Selanjutnya, berdua bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan penuh rasa hormat.

Mencoba mempertahankan hubungan berpasangan perlu dilakukan kedua belah pihak. Selain mengupayakan hal konkret, perlu juga memiliki tujuan hidup bersama dan memiliki ikatan emosional atau fisik.