Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagian orang punya kebiasaan makan terlebih dahulu sebelum mandi. Mereka melakukan aktivitas mandi seusai menyantap makanan. Jika berbicara mengenai pengaruhnya pada kesehatan, lantas apa efek mandi setelah makan?

Ada berbagai pandangan dan kepercayaan mengenai dampak dari kebiasaan mandi setelah makan. Apakah habit ini baik atau buruk untuk kesehatan? Sebagian orang mungkin menganggap bahwa aktivitas mandi tidak ada hubungannya dengan kondisi tubuh setelah makan. 

Padahal aktivitas mandi yang dilakukan tidak berselang jauh setelah mengonsumsi makanan nyatanya memiliki pengaruh tertentu. Mari pahami efek mandi setelah makan, baik dari sudut pandang ilmiah maupun tradisional.

Efek Mandi Setelah Makan

Setelah menikmati makanan, banyak orang merasa ingin membersihkan diri dan merasa segar. Mandi bisa menjadi cara yang baik untuk relaksasi dan menghilangkan stres setelah hari yang melelahkan. Selain itu, mandi setelah makan dapat membantu mengatasi rasa malas atau kembung yang kadang muncul setelah makan.

Namun ternyata aktivitas mandi setelah makan memiliki beberapa efek sebagai berikut ini:

Pencernaan

Salah satu argumen yang sering diajukan mengenai mandi setelah makan adalah bahwa hal itu dapat mengganggu proses pencernaan. Ketika kita makan, tubuh akan mengalihkan aliran darah ke sistem pencernaan untuk membantu memecah makanan. 

Mandi yang dilakukan menggunakan air panas bisa menyebabkan tubuh melepaskan panas. Kondisi ini dapat mengakibatkan pengalihan aliran darah dari sistem pencernaan ke kulit. Hal ini berpotensi mengganggu pencernaan dan menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti kembung atau mulas.

Suhu Tubuh

Mandi dengan air panas dapat meningkatkan suhu tubuh. Ketika suhu tubuh meningkat, beberapa orang mungkin merasa lelah atau mengantuk. Kondisi Ini bisa menjadi masalah bagi mereka yang baru saja mengonsumsi makanan berat. Peningkatan suhu tubuh bisa menambah rasa kantuk.

Relaksasi dan Stres

Di sisi lain, mandi setelah makan dapat memiliki efek menenangkan. Mandi air hangat dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Bagi beberapa orang, relaksasi ini dapat berkontribusi pada proses pencernaan yang lebih baik karena tubuh yang rileks cenderung berfungsi lebih baik.

Tips Mandi Setelah Makan

Jika Anda ingin mandi setelah makan, berikut adalah beberapa saran untuk melakukannya secara aman:

1. Tunggu Sebentar

Sebaiknya tunggu sekitar 30 menit hingga satu jam setelah makan sebelum mandi. Langkah ini bertujuan untuk memberi waktu bagi tubuh untuk mulai mencerna makanan tanpa gangguan.

2. Pilih Suhu Air yang Tepat

Mandi dengan air hangat adalah pilihan yang baik, tetapi hindari air terlalu panas. Air panas yang mengenai tubuh dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh yang berlebihan. Pakailah air hangat untuk membantu relaksasi tanpa terlalu membebani sistem tubuh.

3. Perhatikan Tanda-Tanda Tubuh

Jika Anda merasa tidak nyaman setelah mandi setelah makan, pertimbangkan untuk menunda kebiasaan ini. Setiap orang punya respon yang berbeda dan kebiasaan yang nyaman bagi untuk satu orang mungkin tidak cocok untuk orang lain.

Demikianlah beberapa efek mandi setelah makan yang perlu dikenali bagi Anda yang suka melakukan kebiasaan ini. Ternyata aktivitas tersebut memiliki pengaruh pada kondisi tubuh. Setiap orang memiliki respons yang berbeda terhadap mandi setelah makan, jadi penting untuk mengetahui apa kebiasaan yang tepat bagi kesehatan Anda. Baca juga benarkah mandi malam sebabkan rematik.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.