Bagikan:

JAKARTA - Hotel Mumbai adalah film independen yang tayang di tahun 2018. Film ini disutradarai Anthony Maras dan dibintangi Dev Patel,

Enam tahun berlalu, Hotel Mumbai menjadi salah satu film yang terus dibicarakan setiap tahunnya. Film ini memperoleh titel box office setelah mendapat 21 juta dolar dari budget mereka yang hanya sebesar 17 juta dolar AS.

Simak 5 poin dari Hotel Mumbai yang membuatnya tetap digemari meski enam tahun setelah dirilis:

Kisah Nyata

Hotel Mumbai merupakan inspirasi dari kisah nyata serangan teroris yang terjadi di Mumbai pada November 2008. Kelompok militan melakukan penyerangan terhadap Taj Mahal Palace Hotel yang menjadi salah satu hotel mewah di India. Pada kejadian aslinya, ada 8 serangan yang dilakukan namun judul film ini terinspirasi dari insiden yang terjadi di hotel tersebut.

Dev Patel Bintang Utama

Namanya besar berkat film Slumdog Millionaire dan 10 tahun kemudian, namanya menjadi perhatian lewat film Hotel Mumbai. Patel yang menjadi pemeran utama mampu membuat film ini menjadi menyenangkan. Ia juga mendapat nominasi AACTA Awards berkat film ini.

Dibintangi Aktor Ternama

Selain Dev Patel, Hotel Mumbai juga diperankan beberapa nama besar seperti Armie Hammer, Nazanin Boniadi, Tilda Cobham-Hervey, Anupam Kher, dan masih banyak lainnya.

Perjalanan Panjang

Film ini melalui perjalanan panjang sebelum tayang di bioskop. Sempat diakuisisi Weinstein, film ini diambil hak penayangannya oleh Bleecker. Film ini juga sempat ditarik di New Zealand setelah penembakan Christchurch hingga bisa ditayangkan di waktu tertentu.

Pemenang Festival Film Bandung

Hotel Mumbai merupakan salah satu pemenang Festival Film Bandung. Film ini masuk ke kategori Honorable Imported Films dan memenangkan penghargaan tersebut.