Bagikan:

YOGYAKARTA – Kelebihan minum air putih disebut overhidrasi. Sel tubuh memang membutuhkan kecukupan cairan supaya berfungsi dengan baik. Tetapi bagaimana efeknya kalau kelebihan minum air putih?

Sayangnya tidak ada rumus tunggal seberapa banyak kebutuhan air yang diminum setiap harinya. Tetapi ahli menyarankan setidaknya minum 2 liter setiap hari. Berbeda kebutuhan cairan pada ibu hamil dan orang dengan aktivitas luar ruangan yang padat. Misalnya, Anda minum air putih 5 liter per hari dan mengalami gejala tertentu, maka wajib dievaluasi. Berikut penjelasan tentang efek kelebihan terlalu banyak minum air putih.

1. Keracunan air

Bukan air yang beracun yang diminum, tetapi minum minuman yang bersih dan layak diminum pun, ada batasannya. Jika Anda minum banyak air dalam waktu singkat, bisa mengalami overhidrasi ringan atau dikenal dengan keracunan air. Efeknya akan ada terlalu banyak air dalam sel, termasuk dalam sel-sel otak sehingga menyebabkannya membengkak. Ketika sel-sel di otak membengkak, mereka menyebabkan tekanan di otak. Anda mungkin mulai mengalami hal-hal seperti kebingungan, kantuk, dan sakit kepala. Nah, apabila tekanan ini meningkat, dapat menyebabkan hipertensi dan bradikardia atau detak jantung rendah.

efek kelebihan minum air putih
Ilustrasi efek kelebihan minum air putih (Freepik)

2. Hiponatremia

Hiponatremia terjadi ketika kadar natrium dalam sel tubuh turun di bawah normal. Kadar normal antara 135 miliekuivalen per liter (mEq/L) hingga 145 mEq/L. Jika turun di bawah 135 mEq/L, Anda berisiko mengalami hiponatremia. Hiponatremia adalah kondisi sel-sel membengkak, membuat seseorang mengalami kejang, koma, bahkan bisa meninggal. Meski jarang terjadi, tetapi kematian karena minum terlalu banyak air pernah terjadi.

3. Penyakit kronis

Sejumlah kondisi kronis bisa dialami seseorang karena terlalu banyak minum air putih. Seperti gagal ginjal karena tidak bisa menahan air, penyakit hati, gula darah sangat tinggi, gagal jantung kongestif, insufisiensi kelenjar adrenal, dan hormon tiroid terlalu rendah karena natrium rendah.

4. Terlalu sering buang air kecil

Kalau Anda tidak mengukur seberapa banyak air putih yang sudah diminum, jika terlalu banyak ditandai dengan terlalu sering buang air kecil. Warna air kencing normal berkisar kuning pucat hingga berwarna teh. Tetapi kalau air kencing berwarna bening, dikenali sebagai efek dari kelebihan minum air putih.

5. Mual atau muntah

Saat Anda memiliki terlalu banyak air dalam tubuh, ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan cairan. Cairan ini mulai terkumpul di dalam tubuh, yang menyebabkan mual, muntah, dan diare.

6. Sakit kepala berdenyut

Sakit kepala dengan sensasi berdenyut, merupakan efek dari kelebihan minum air putih. Ini menandai kelebihan air dalam tubuh dan menyebabkan kadar garam tubuh turun lalu sel membengkak. Inilah yang menimbulkan sensasi sakit kepala berdenyut, karena sel otak bengkak dan menekan tengkorak. Tekanan ini juga dapat sebabkan gangguan otak dan kesulitan bernapas.

7. Otot lemah dan mudah kram

Penting dipahami, kelebihan minum air putih bukannya membuat Anda sehat. Justru bisa memengaruhi kadar elektrolit tubuh dan keseimbangan tubuh menurun. Pada kadar elektrolit rendah, otot akan mudah kram.

Selain tujuh efek kelebihan minum air putih di atas, perlu juga mewaspadai gejalanya. Seseorang yang minum air berlebih, karena ginjal bekerja terlalu keras, tubuh akan kelelahan dan terasa letih.