6 Minuman Terbaik Setelah Olahraga, Efektif Kembalikan Elektrolit Tubuh yang Hilang
Ilustrasi minuman terbaik setelah olahraga (Foto: Pixabay/Bluelightpictures)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Minuman terbaik setelah olahraga adalah yang dapat mengembalikan elektrolit tubuh. Hal ini karena tubuh kehilangan banyak gula dan elektrolit yang cukup banyak setelah melakukan aktivitas olah fisik.

Oleh sebab itu, setelah olahraga Anda perlu mengonsumsi minuman yang dapat mengembalikan elektrolit yang hilang serta kadar gula darah ke jumlah yang normal.  

Lantas, apa saja jenis minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Minuman Terbaik Setelah Olahraga

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 25 November 2023 berikut minuman yang baik dikonsumsi setelah melakukan olahraga.

  1. Air putih

Rekomendasi minuman terbaik setelah olahraga yang pertama adalah air putih. Minuman ini dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktivitas olah fisik, baik yang intensitasnya ringan, sedang maupun tinggi. Selain itu, minum air putih selama dan setelah olahraga juga dapat membantu Anda menjaga energi, stamina, dan massa otot.

  1. Air kelapa

Air kelapa termasuk salah satu minuman terbaik setelah olahraga. Hal ini karena di air kelapa sangat kaya akan elektrolit dan antioksidan.

Menurut sebuah riset, di dalam air kelapa terkandung potasium (elektrolit penting yang hilang dalam keringat yang membantu penyimpanan karbohidrat untuk energi) dengan jumlah lima kali lebih banyak ketimbang minuman olahraga pada umumnya.  

Oleh sebab itu, air kelapa dapat dijadikan sebagai minuman pemulihan alami yang sangat baik.

  1. Infused water

Infused water adalah minuman yang terbuat dari campuran air putih dan buah-buahan yang direndam selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di dalam kulkas.

Jenis minuman ini sangat efektif untuk mengembalikan cairan yang hilang setelah melakukan aktivitas olah fisik.

Anda dapat membuat infused water dengan mencampurkan air dengan buah-buahan favorit seperti lemon, stroberi, atau blueberi.

  1. Jus semangka

Semangka merupakan buah yang kandungan airnya sangat tinggi. Mengonsumsi satu cangkir jus semangka dapat mencukupi 6 persen dari nilai harian kebutuhan kalium, magnesium, dan elektrolit lain seperti kalsium dan fosfor.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin dan antioksidan dari jus semangka.

  1. Susu cokelat

Sebagian orang mungkin tidak mengira bahwa susu cokelat termasuk minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Sedianya, susu sangat digemari oleh pecinta olahraga angkat beban atau atlet lainnya. Sebab rasanya enak dan mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, dan karbohidrat.

Kandungan tersebut dibutuhkan tubuh untuk proses pemulihan dan perkembangan otot, terutama setelah melakukan aktivitas olah fisik dengan intensitas yang tinggi.

Anda bisa menambahkan beberapa potong pisangke dalam gelas susu cokelat, kemudian dihaluskan menggunakan blender. Hal ini agar kandungan elektrolitnya menjadi lebih banyak.

  1. Minuman isotonik

Menyadur laman Ai-Care, minuman isotonik adalah minuman olahraga yang dirancang untuk membantu menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang selama aktivitas fisik.

Isotonic drink sangat popular di kalangan atlet dan orang yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik intens, misalnya lari jarak jauh, atau olahraga tim seperti dayung.

Demikian informasi tentang minuman terbaik setelah olahraga. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.