Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak keterampilan bergantung pada kemandirian dan kepercayaan diri seseorang. Ketika seseorang bisa mandiri dan percaya diri, ia memiliki kemampuan mengurus diri sendiri. Ia juga mampu membuat keputusan untuk diri sendiri, berpikir kritis, kreatif, dan memecahkan masalah.

Kemandirian seseorang akan tumbuh pesar ketika menginginkan sesuatu. Melansir Psychology Today, Senin, 23 September, kemandirian juga bisa dibentuk dalam lingkungan keluarga. Misalnya orang tua yang mengajarkan bagaimana mendapatkan keinginan anak dengan memberi kesempatan anak mandiri mengupayakannya. Secara spesifik, kemandirian bisa tumbuh saat memiliki kebutuhan.

Kemandirian juga memberdayakan seseorang. Dengan mandiri, Anda bisa bebas membuat keputusan yang terbaik bagi Anda. Hal ini menempatkan Anda pada kedudukan setara dengan orang lain. Artinya, tidak ada kekuasaan di atas Anda ketika Anda berdaya, kecuali Anda memberikannya kepada mereka.

Jangan salah, kegagalan bukan hal buruk. Justru kegagalan mengasah kemandirian seseorang. Ketika gagal atau melakukan kesalahan, seseorang perlu memperbaiki dan membutuhkan daya pikir kreatif untuk menciptakan sesuatu lebih baik. Kemandirian juga membawa Anda pada berbagai macam pengalaman dan kesempatan belajar.

Kemandirian juga dasar dari menemukan tujuan hidup. Sebab dengan cara mandiri, seseorang yakin akan keterampilan dan kekuatan yang dimiliki. Singkatnya, kemandirian memberdayakan Anda untuk memercayai diri sendiri guna membuat keputusan yang tepat bagi hidup Anda.