Bagikan:

JAKARTA - Micro Cheating merupakan sebuah tindakan kecil yang dilakukan oleh salah satu pasangan terhadap orang lain. Yakni dapat mengundang ketertarikan lawan jenis sertanya mendukung terjadinya sebuah perselingkuhan.

Terkadang tindakan kecil ini sangat sulit untuk disadari sehingga hal tersebutlah yang terkadang membuat seseorang berada dalam perselingkuhan. Micro Cheating ini sebetulnya sangat dapat dihindari dengan cara menyadari berbagai macam perilakunya.

Apa Saja Contoh Perilaku Micro Cheating?

Menurut informasi dari laman Marriage, Rabu, 11 September, terdapat beberapa contoh perilaku Micro Cheating yang perlu diwaspadai, antara lain;

Mengaku masih single

Salah satu tanda micro cheating adalah mengaku masih single padahal sudah menjalin hubungan. Ini bisa berupa menggembar-gemborkan kesendirian di media sosial sehingga menarik orang untuk menggoda. Atau memperkenalkan diri single pada orang yang baru dikenal sehingga bisa bertukar nomor telepon. 

Diam-diam tetap berhubungan dengan mantan

Tanda-tanda micro cheating lainnya yaitu tetap berhubungan dengan mantan, terutama jika pasangan tidak mengetahuinya. Sebetulnya komunikasi bukanlah suatu hal yang buruk, akan tetapi jikalau komunikasi tersebut dilakukan secara terus menerus secara intens, terutama dengan mantan kekasih maka hal tersebut dapat saja mengarah kepada tindakan perselingkuhan.

Masih menggunakan aplikasi kencan

Jika sudah memiliki pasangan, untuk apa masih menggunakan aplikasi kencan. Jika iya, berarti tindakan ini sudah termasuk dalam micro cheating. Menjaga profil tetap aktif memungkinkan seseorang mempertimbangkan pilihan lain selain pasangan. 

Terlalu dekat dengan teman lawan jenis

Memiliki teman lawan jenis bukanlah masalah, tetapi jika melewati batas pertemanan, ini bisa menjadi salah satu contoh micro cheating.  Membagikan detail paling intim dari kehidupan seharusnya hanya dilakukan oleh pasangan. Jadi jika Anda melakukan percakapan mendalam ini dengan seseorang yang "hanya seorang teman," Anda mungkin melanggar ketentuan hubungan.

Menyimpan rahasia dari pasangan

Menyimpan suatu Rahasia dari pasangan sebetulnya sah-sah saja, tetapi jikalau terdapat sebuah rahasia terkait dengan apa yang dilakukan oleh orang lain terutama lawan jenis, maka alangkah lebih baiknya coba mulai dikomunikasikan dengan pasangan. Hal ini dikarenakan tindakan yang dilakukan ini dapat mengandung pesan tersendiri sehingga bisa saja mengarah kepada suatu perasaan tertentu.

Mengirim pesan singkat kepada seseorang yang disukai

Jika Anda sedang menjalin hubungan, Anda berkewajiban kepada pasangan untuk menghindari segala hal yang dapat menggoda untuk tidak setia. Karena hal itu dapat membawa Anda pada perilaku micro cheating. Meskipun tidak pernah bertemu langsung, bertukar pesan singkat dengan seseorang yang disukai menunjukkan bahwa Anda tidak sepenuhnya setia.

Berusaha membuat orang lain terkesan

Bayangkan skenario ini: Anda sedang rapat kerja dengan seseorang yang Anda taksir. Anda menghabiskan waktu ekstra bersiap-siap di pagi hari, memakai riasan menggoda, atau memilih pakaian sempurna. Berusaha menarik perhatian orang lain bukanlah etika hubungan yang baik. Dan itu bisa dihitung sebagai salah satu contoh micro cheating.

Mencari kenyaman pada orang lain

Kenyaman dalam sebuah hubungan merupakan hal utama yang harus dirasakan. Jikalau kenyaman yang dibutuhkan tidak dapat ditemukan dalam pasangan, maka alangkah baiknya dikomunikasikan lebih lanjut. Sangat tidak dianjurkan jika terdapat ketidaknyaman dalam hubungan lalu mencari kebahagiaan pada orang lain karena hal tersebut hanya akan mengarahkan kepada perselingkuhan.

Menyukai dan mengomentari foto orang lain di media sosial

Jika mengikuti beberapa orang tertentu di media sosial dan Anda terus-menerus menyukai dan mengomentari foto orang tersebut, hal ini dapat membuat pasangan Anda kesal. Jika perilaku tersebut terus berlanjut dan mengganggu pasangan, itu merupakan salah satu contoh perselingkuhan mikro.