Bagikan:

JAKARTA - Tidak hanya marmer, lantai dan meja berbahan granit sering dipakai dalam rumah-rumah modern karena dapat memberikan tampilan mewah. Lantai atau meja granit memiliki kualitas yang baik dan pola serta warna beragam. Maka jangan heran jika harga granit di pasaran relatif mahal. 

Dalam hal perawatan, granit terbilang mudah dibersihkan. Tetapi Anda harus mengetahui cara yang tepat agar tidak merusak kemilau granit. Jika permukaan granit sering terkena noda cair, Anda bisa menggunakan sealant atau zat perekat untuk mencegah masuknya cairan ke permukaan. 

"Jika menyadari kontak singkat dengan air memudarkan warna batu granit, perlu menutup (reseal) permukaan granit," kata Mark Meriaux, manajer teknis di Natural Stone Institute, Ohio, AS.

Menggunakan sealant untuk mencegah cairan masuk ke permukaan terbilang efektif, namun dapat membuat material granit menjadi aus. Untuk mempertahankan warna pada lantai dan meja granit, cobalah cara berikut.

  • Untuk pembersihan harian, gunakan air dan sabun lembut atau produk pembersih alami yang dirancang khusus untuk granit. Produk pembersih yang asam atau bahan abrasif dapat merusak lapisan kedap pada meja dapur.
  • Bersihkan tumpahan segera setelah terjadi. Cairan asam seperti anggur, jus jeruk atau lemon, bahkan soda dan sabun cuci piring, dapat merusak lapisan kedap dan menodai permukaan.
  • Untuk menghilangkan noda air, cuci noda dengan deterjen lembut dan air; gunakan sikat berbulu lembut untuk menggosoknya dengan lembut. Bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Untuk noda membandel di sekitar akibat air sadah yang menggenang di permukaan, cobalah menggosoknya dengan lembut menggunakan spons cuci piring atau mengikisnya dengan pisau cukur, lalu bersihkan residunya dengan kain lembut dan lembap.
  • Untuk noda yang sangat membandel, cobalah menggunakan tapal atau ekstraktor. Produk tapal yang dibuat khusus untuk granit dapat dibeli di toko perkakas atau toko khusus permukaan batu. Atau Anda dapat membuat pasta sendiri menggunakan soda kue dan air. Campuran yang kental dan seperti pasta harus dioleskan secara merata, lalu ditutup dengan lembaran plastik dan direkatkan di sekeliling tepinya dengan selotip. Diamkan selama 24 jam atau lebih, lalu kikis pasta dan bilas meja dapur dengan air.

Permukaan granit yang sudah dibersihkan dapat disegel ulang jika perlu.bersihkan dengan sabun pencuci piring yang mampu mengangkat minyak.Meja dapur granit perlu disegel ulang sesekali agar permukaannya tetap mengkilap. Jika air di permukaan granit tidak lagi membentuk butiran, hubungi profesional perawatan granit untuk menyegel ulang granit Anda.