Hidupkan Suasana Pekarangan Rumah dengan 5 Jenis Batu Taman Ini
Ilustrasi (Karolina Grabwoska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu elemen penting yang sayang dilewatkan untuk mendekorasi taman selain tanaman hijau adalah batu taman. Ada banyak jenis batu taman yang dibedakan berdasarkan jenis, ukuran, dan gayanya. Anda bisa memanfaatkan batu taman agar hunian terlihat lebih estetik dan cantik. Berikut jenis-jenis batu taman yang paling cocok untuk hunian Anda.

Batu kali

Batu taman kali berasal dari pinggiran kali atau sungai. Sudah diperhalus oleh aliran air alam, batu kerikil kali biasanya lebih besar ukurannya dengan bentuk lonjong dan beraneka ragam. Digunakan sebagai batu taman, jenis ini cukup awet sehingga tidak mudah rusak. Padukan saja batu ini dengan air mancur atau elemen air lainnya. 

Batu alam flagstone

Mau taman terlihat lebih mewah? Coba gunakan batu taman yang berasal dari batu alam, yaitu flagstone. Batu taman ini terbentuk dari batuan sedimen atau endapan lapisan batuan dengan tekanan dan suhu rendah yang mengeras. Dengan sentuhan tropis, jenis batu ini juga efektif menyerap air sehingga cocok dijadikan jalan setapak. Pilih saja ukuran yang diinginkan dan cocokkan dengan instalasi sebagai batu taman. 

Batu koral

Ada lagi batu taman yang hampir mirip dengan batu kerikil kacang, yaitu batu koral. Jenis batu taman ini juga merupakan batu alam yang sering digunakan sebagai dekorasi rumah. Batu koral cocok juga digunakan pada bagian kolam rumah. Seringkali, batu koral hadir dengan warna-warni indah, seperti hitam, putih, hingga multi warna. Dibandingkan dengan batu taman kerikil, batu koral biasanya lebih rapuh. 

Batu candi

Saat mendengar kata batu candi, yang terpikir di benak pasti batu yang membentuk dinding candi. Disebut juga batu andesit, batu candi bisa digunakan sebagai batu taman yang indah. Memiliki motif bintik hitam yang halus dan juga bisa menyerap air, batu taman ini dibentuk dari proses pendinginan lava. Jika ingin menghadirkan batu taman ini, gunakan saja sebagai bagian dari dinding atau jalan taman.

Batu granit

Pertimbangan batu alam lain yang boleh dijajaki sebagai batu taman adalah batu granit. Sama-sama terbentuk dari proses alam berupa batuan beku yang bercampur, bahan ini sering hadir dalam bentuk keramik untuk interior. Akan tetapi, batu granit juga bisa hadir sebagai batu taman, baik dalam bentuk keramik jalan ataupun pecahan batu granit.