Alasan Mengapa Memiliki Terrarium Bisa Bikin Orang Makin Bahagia
Ilustrasi (Susana Marsigli/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki tanaman hias yang tumbuh hijau dan subur di pekarangan rumah memang bisa menjadi ruang tersendiri untuk menghilangkan penat. Dengan melihatnya tumbuh subur, warna-warni hijau dan juga bunga-bunga di taman bisa menghibur hati. Lalu bagaimana dengan yang tidak memiliki pekarangan rumah? Tenang saja, Anda bisa pakai terrarium.

Terrarium sendiri adalah taman mini dalam ruangan wadah. Di dalam kaca terrarium tersebut, Anda bisa menambahkan tanaman yang hanya perlu perawatan minimal dan sangat cocok untuk Anda yang tidak punya waktu untuk merawatnya, tidak memiliki bakat berkebun atau tidak ada lahan untuk membuat taman.

Selain menambah keindahan, terrarium rupanya punya banyak manfaat yang tidak diduga. Punya terrarium bisa meningkatkan kadar kebahagiaan diri. Mau tahu alasannya?

Sebagai penambah semangat

Pernahkah Anda merasa penasaran, mengapa ketika seseorang dirawat di rumah sakit, banyak orang yang membawakannya bunga? Nah rupanya ada sebuah studi menyebutkan bahwa melihat tumbuhan atau bunga bisa menyembuhkan pasien di rumah sakit. Anda bisa menyebutnya sebagai ‘obat’ yang murah namun efektif nih. Sama halnya kalau Anda memiliki terrarium di rumah atau meja kerja, secara tidak langsung terrarium bisa menjadi alat untuk terapi.

Menambah produktivitas

Dikelilingi oleh tanaman hijau bisa menambahkan perasaan yang positif dan menghilangkan rasa cemas, kemarahan serta kesedihan. Tumbuhan yang ada di terrarium akan menghidupkan ruangan. Cocok untuk mereka yang menghabiskan waktu di meja kerja seharian.

Dengan memiliki terrarium kecil di meja kerja, tumbuhan ini bisa membuat Anda berkonsentrasi dan fokus. Anda bisa menghias meja dengan kaktus yang bermacam bentuk dan warna.

Mengajarkan tentang kehidupan

Melihat tumbuhan di dalam terrarium tumbuh dan berkembang memang sangat luar biasa. Bagi Anda yang selalu tenggelam dalam teknologi, seringkali tak peduli dengan apa yang ada di sekeliling Padahal ada banyak tumbuhan yang sering dilewati setiap harinya. 

Nah, dengan memiliki pengalaman memelihara tumbuhan dalam terrarium, Anda akan belajar untuk menghargai tumbuhan tersebut. Untuk membersihkan dan merawat terrarium sendiri tergantung dengan jenis dari terrariumnya. Jika terrarium terbuka, sirami tanaman sesekali. Siraman tidak diperlukan untuk terrarium kedap udara, sedangkan pada terrarium terbuka perlu disiram seminggu atau dua minggu sekali. Untuk jenis tumbuhan sukulen dan kaktus hanya perlu disiram sebulan sekali.

Bisa menghilangkan stres

Tumbuhan di dalam terrarium biasanya memiliki corak-corak dan juga keunikan yang beragam. Ini mampu membuat siapapun yang memandang akan menjadi lebih segar dan bahagia. Apalagi dengan kadar oksigen yang ada pada tumbuhan atau tanaman hias di dalam terrarium bisa membuat pikiran menjadi rileks dan lebih segar. Makanya, disebut-sebut tanaman hias dalam terrarium bisa membuat lebih bahagia dan terhindar dari stres.