Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat hendak membangun rumah Tingkat atau merenovasi, kalian perlu mengetahui tips memilih keramik untuk tangga yang aman serta nampak indah dipandang mata. Nah, kali ini kita akan membahasnya, di sini. Simak sampai selesai, ya!

Memilah kriteria keramik tangga terbaik yang cocok tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Jangan sembarang memilih keramik tangga berdasarkan motif ataupun warna saja, melainkan pikirkan pula dari segi fiturnya supaya lebih fungsional.

Mayoritas orang mungkin bakal menempatkan batu alam semacam marmer serta granit di tangga mereka. Walaupun nampak sangat indah, namun instalasinya membutuhkan banyak waktu, usaha, serta pengeluaran, kan? Itulah kenapa, kita butuh tahu kriteria keramik tangga terbaik serta membiasakan ukuran standarnya.

Tips Memilih Keramik Untuk Tangga

I. Pertimbangkan Bentuk Tangga Serta Ukuran

Saat sebelum membeli keramik buat tangga, pastikan kalian telah memikirkan wujud desain tangga serta dimensi yang bakal digunakan. Bila dimensi keramik terlalu besar ataupun kekecilan, maka bisa membuat tangga nampak tidak seimban serta tidak nyaman saat digunakan.

Oleh sebab itu, pastikan dimensi keramik yang dipilih sudah cocok dengan dimensi tangga serta gampang dipasang. Jangan lupa buat memilah keramik tangga yang mempunyai bentuk sesuai dengan desain tangga yang bakal dipasang.

Misalnya, bila tangga di rumahmu mempunyai sudut yang tajam, maka pilih keramik yang bisa menyesuaikan dengan sudut tersebut.

II. Pertimbangkan Jenis Keramik yang Sesuai

Ada beberapa tipe keramik tangga yang dapat kalian pilih, mulai dari keramik granit, keramik marmer, serta keramik ubin. Memilih tipe keramik buat tangga yang sesuai dengan kebutuhan serta kemauan.

Kalian pula butuh mencari tahu kelebihan dari tipe keramik yang dipilih. Misalnya keramik granit, keramik tipe ini mempunyai kekuatan yang tinggi serta tahan lama sehingga sesuai digunakan pada tangga yang kerap digunakan.

Sebaliknya keramik marmer bakal lebih sesuai digunakan pada tangga yang digunakan sebab mempunyai tingkatan keawetan yang lebih rendah. Buat itu, memilih tipe keramik yang sesuai dengan kebutuhan kalian ya.

III. Perhatikan Kualitas serta Keamanan Keramik

Pastikan keramik tangga yang dipilih mempunyai mutu yang baik serta aman digunakan. Kalian dapat memilah keramik yang memiliki ketebalan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Tidak hanya itu, pastikan keramik yang dipilih mempunyai daya cengkeram yang baik supaya tidak licin saat digunakan.

Perhatikan pula apakah keramik tersebut gampang rusak ataupun tidak, mengingat perihal ini bisa membahayakan keselamatan saat digunakan.

IV. Sesuaikan Harga serta Budget

Terakhir, kalian pula perlu perhatikan harga serta budget yang dipunyai. Memilih keramik tangga menyesuaikan dengan budget. Kalian tidak perlu sangat memaksakan diri buat membeli keramik tangga yang terlalu mahal bila tidak cocok dengan budget yang dipunyai. Ada banyak tipe keramik tangga yang mempunyai kualitas baik tetapi dengan harga terjangkau.

Ilustrasi tangga keramik (Wirestock-Freepik)
Ilustrasi tangga keramik (Wirestock-Freepik)

Keuntungan Memakai Ubin Keramik pada Tangga

Ubin keramik merupakan pilihan yang sangat populer baik buat tangga dalam ruangan ataupun anak tangga di luar ruangan. Berikut merupakan alasan-alasan yang mendukung:

1. Desain Variatif

Ubin porselen muncul dalam berbagai desain, memungkinkan Kalian dengan mudah menemukan keramik lantai yang sempurna dengan desain menyamai kayu ataupun batu marmer, serta motif yang lain.

2. Daya Tahan Tinggi

Sangat tahan lama, gampang dipasang, serta gampang dibersihkan. Keandalan ini buatnya jadi pilihan pas digunakan pada tangga dengan tingkatan aktivitas ataupun lalu lintas yang tinggi.

3. Keselamatan serta Estetika

Memberikan metode yang gampang buat menghasilkan desain yang trendy serta fungsional. Dengan terdapatnya tipe keramik bertekstur kasar ataupun finishing kasar, ubin ini tidak licin saat dipijak, menambahkan tingkat keselamatan penghuni rumah.

Ubin porselen pada tangga serta anak tangga pula mempunyai keunggulan tambahan:

4. Tanpa Perawatan Khusus

Tidak membutuhkan perawatan spesial serta gampang dibersihkan dengan kain ataupun lap microfiber sebab bersifat anti noda. Ini membuat perawatan tiap hari jadi lebih praktis.

5. Penampilan Awet

Senantiasa nampak seperti baru selama bertahun-tahun, mempertahankan penampilan asli lebih lama dibanding dengan tipe penutup lantai yang lain. Keramik tangga bakal jadi investasi berharga dalam desain rumah biar tetap indah dalam jangka waktu lama.

6. Permukaan Anti-Slip

Beberapa tipe ubin porselen mempunyai tekstur kasar ataupun finishing kasar sehingga tidak licin saat dipijak kaki. Pastinya, perihal ini memberikan tambahan keamanan, terutama pada area anak tangga yang rentan terhadap resiko licin.

Selain itu kalian juga perlu tahu “Warna Keramik Lantai yang Bagus untuk Rumah, Memberi Sentuhan Lain dan Unik”.

Jadi setelah mengetahui tips memilih keramik untuk tangga, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!