Bagikan:

JAKARTA - Informasi risiko bencana banyak tersebar di media sosial akhir-akhir ini. Orang cenderung merespons informasi risiko bencana alam dengan kepanikan. Perlu langkah-langkah bijak ketika menerima warta semacam itu.

"Ketika kita menghadapi (situasi) kritis, biasanya orang-orang memiliki empat cara pikir," kata Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Annisa Mega Radyani, M. Psi. dikutip dari ANTARA pada Sabtu, 24 Agustus.

Dia mengatakan bahwa dalam hal ini ada orang yang cenderung menyederhanakan dan memilah informasi berdasarkan hal-hal yang dipahaminya saja.

Menurut dia, cara berpikir yang demikian bisa membahayakan karena membuat orang yang bersangkutan tidak memahami informasi secara penuh.

Selain itu, Annisa menyampaikan, seringkali orang berpatokan atau lebih percaya pada hal-hal yang sudah diyakini terlebih dahulu. Keyakinan terhadap suatu hal yang terpatri dalam pikiran seperti ini, justru dapat menimbulkan dugaan-dugaan yang memicu kepanikan.

Ia mengatakan bahwa ada pula orang yang menanggapi informasi mengenai kondisi kritis tertentu dengan mencari tahu lebih banyak tentang hal-hal yang berkaitan dengan risikonya.

Respons yang demikian bisa membuat orang yang bersangkutan mengakses terlalu banyak informasi, termasuk hal-hal yang tidak relevan, dan menjadi panik.

"Seringkali kita jadi terlalu banyak tahu juga dan ketika terlalu banyak tahu akhirnya kita terlalu panik dan akhirnya kita doomscrolling, kita mencari tahu informasi tapi kita tidak berbuat apa-apa," kata Annisa.

Di samping itu, menurut dia, ada orang-orang yang cenderung terus mempercayai informasi pertama yang diperoleh. Padahal, informasi tentang risiko bencana alam terus berkembang.

Berdasarkan kecenderungan cara berpikir orang setelah menerima informasi risiko bencana, Annisa mengemukakan perlunya menjalankan langkah-langkah agar tetap bisa berpikir secara rasional dan tidak panik ketika menerima informasi mengenai risiko bencana alam.

Setelah menerima informasi mengenai risiko bencana tertentu, ia menyarankan, sebaiknya mencari serta menyerap informasi secara seksama dan lengkap dari beberapa sumber yang kredibel.

Annisa menekankan pentingnya mengakses informasi tentang risiko bencana dari sumber-sumber yang terpercaya, mengingat keterangan-keterangan yang belum dipastikan kebenarannya kini bisa cepat beredar di internet dan media sosial.

"Jadi, jangan percaya dari satu atau dua sumber, terutama dari sosial media. Kita perlu tahu, mencari sumber yang terpercaya, baik itu sumber berita dan penelitian," katanya.

Selain mencari tahu untuk diri sendiri, membagikan informasi yang sudah diperiksa kebenarannya dengan orang-orang terdekat juga baik dilakukan.

Annisa juga mengingatkan orang yang merasa ketakutan saat menghadapi situasi kritis agar tidak menahannya sendiri, tetapi menyampaikan apa yang dirasakan kepada orang terdekat.

"Selalu ajak orang lain untuk bisa saling mendukung atau melindungi dan saling sharing informasi juga," katanya.

Annisa menyampaikan bahwa perasaan panik dan cemas wajar muncul setelah menerima informasi tentang risiko bencana alam.

Orang yang merasa panik, menurut dia, sebaiknya meluangkan waktu untuk menenangkan diri sebelum melakukan langkah-langkah mitigasi bencana yang diperlukan.

​​​​​​​Langkah mitigasi yang dapat dijalankan antara lain membuat daftar keperluan saat bencana alam dan menyiapkannya barang-barang yang diperlukan dalam kondisi darurat bencana secara rasional.

"Coba ditulis semua informasi dan hal-hal yang harus kita siapkan, dan tentunya tidak sendirian. Coba ajak diskusi orang lain, untuk bisa kita diskusi sejauh mana hal yang sudah kita tulis itu masih dalam tahap wajar dan rasional," kata Annisa.