5 Selebriti Diisukan Meninggal Dunia, Jadi Korban Keisengan Jempol Netizen di Media Sosial
Irwansyah (Foto: IG @Irwansyah_15)

Bagikan:

JAKARTA - Sosial media memberikan ruang yang besar untuk warganet mengekspresikan diri. Seolah tanpa batasan, setiap netizen bisa mengungkapkan keinganannya. Namun, sayangnya, banyak netizen yang tidak bertanggungjawab menggunakan sosial media dengan menyebarkan berita bohong.

Berita bohonng tersebut bisa membuat netizen heboh, sementara korban berita bohong harus menanggung akibat dan memberikan klafirikasi. Hal ini pernah terjadi pada 5 selebriti tanah air yang diisukan meninggal dunia di media sosial. Siapa saja mereka? Berikut VOI rangkumkan 5 selebriti yang pernah diisukan meninggal dunia. 

1. Uya Kuya

Uya Kuya telah meninggal dunia pada 22 Februari. Kabar tersebut merebak karena unggahan akun KG1st.Mail di Tiktok. Dia menampilkan foto Uya Kuya saat dirawat di rumah sakit. Tak cuma itu, dia juga menyertakan potret kebersamaan Uya Kuya bersama keluarga. "RIP Uya Kuya, semoga diterima di sisinya masih nggak percaya," tulisnya sebagai caption.

Istri Uya Kuya, Astrid Kuya, langsung memberikan komentar sekaligus mengkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak benar. "Hoaks ini," tulisnya. Ibu dua anak ini menegaskan bahwa kabar suaminya meninggal dunia tidaklah benar.

2. Irwansyah

Kabar Irwansyah meninggal dunia berawal dari berita seorang anak kecil berusia sembilan tahun, namanya Irwansyah, meninggal dunia. Anak Irwansyah meninggal dunia karena, tersengat setrum dari ranjau listrik pembatas lahan kosong di Desa Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Karena memiliki nama sama, banyak yang menafsirkan korban yang meninggal tersebut adalah Irwansyah, suami Zaskia.

Irwansyah pun memberikan tanggapan mengenai hal tersebut. Ia mengisyaratkan kabar kematiannya dihembuskan orang yang tidak bertanggung jawab di Media Sosial. "Makin nggak jelas nih berita," tulis Irwansyah saat dilihat dari Instagram Stories miliknya. 

3. Armand Maulana 

Kabar Armand Maulana meninggal dunia membuat jagad maya heboh pada 13 Februari. Kabar ini beredar karena Armand mengunggah ucapan bela sungkawa atas meninggalnya teman susini Marthin Saba. Lalu ungkapan itu dikutip seolah-olah Armand Maulana meninggal dunia.

Tak mau kabar tersebut terus bergulir, Armand Maulana pun segera membuat klarifikasi. Klarifikasi soal kabar meninggal dunia dibuat lewat feed di Instagram pribadi Armand Maulana.

"Ini teh kenapa tiba-tiba handphone saya jadi rame, terus semua orang nanyain apakah saya baik-baik saja, " kata Armand Maulana dikutip dari akun Instagram @armandmaulana04.

4. Ashanty 

Kabar bohong Ashanty meninggal dunia beredar saat Ashanty terpapar COVID-19. Saat itu Azirel mengunggah foto Ashanty sedang berbaring di tempat tidur rumah sakit dengan menggunakan selang oksigen. Netizen bespekulasi kondisi Ashanty drop hingga meninggal dunia.

Gara-gara kabar tersebut, Ayah Anang di Jember pun kalang kabut menanyakan kebenaran kabar tersebut. Setelah kondisi membaik, Ashanty membuat video klarifikasi. "Makasih juga yg sudah memberitakan macam-macam hal tentang saya sampai meninggal dunia, Alhamdulillah Allah masih kasih saya kesempatan buat hidup..," ujar Ashanty di Instagram pribadinya

5. Mamah Dedeh 

Mama Dedeh dikabarkan meninggal dunia juga setelah terpapar Covid-19. Kabar ini ramai pada Mei 2020 lalu. Kabar tersebut tiba-tiba beredar di media sosial. Banyak pihak terkejut dengan kabar tersebut.

Abdel pun mengonfirmasi bahwa kabar tersebut tidaklah benar. Selain itu Mamah Dedeh muncul dan bersilaturahmi ke rumah Abdel. Ia pun mengungkapkan kondisinya baik-baik saja dan sehat.