Bagikan:

JAKARTA - Aktris Cheng Pei-Pei meninggal dunia pada Rabu, 17 Juli. Ia meninggal disebabkan penurunan kapasitas otak dan sudah mendonasikan otaknya sebagai bagian penelitian.

Cheng Pei-pei adalah salah satu ikon aktris asal China yang menjadi pionir bagi karakter perempuan dan seni bela diri. Ia meninggal di area San Fransisco Bay.

Pihak keluarga merilis pernyataan, “Kepada semua teman, kolega, dan penggemar, terima kasih atas dukungan yang kalian tunjukkan selama beberapa tahun. Ibu kami Cheng Pei Pei ingin dikenang sebagai dirinya: Ratu Seni Bela Diri legendaris dikenal dengan perannya seperti Golden Swallow (‘Come Drink With Me’), Madam Wah (‘The Flirting Scholar’), dan Jade Fox (‘Crouching Tiger, Hidden Dragon’).”

“Dia adalah aktris yang versatil, peraih penghargaan yang berjalan selama enam dekade, tidak hanya di Asia tapi internasional seperti “Junn” (‘Lilting’), “Maria Wang” (‘Meditation Park’), and “The Matchmaker” (‘Mulan’),” lanjut mereka.

Lahir pada 6 Januari 1946, Cheng Pei-pei debut akting melalui film Lovers’ Rock. Sejak itu, ia menjadi bintang utama di seni bela diri, aksi setelah membintangi film Come Drink With Me pada tahun 1966.

Kemudian Cheng pindah ke California bersama keluarganya dan sempat bersekolah di University of California. Keempat anaknya mengikuti langkahnya sebagai aktor.

Nama Cheng Pei-pei mulai disorot setelah memerankan karakter Jade Fox dalam film Crouching Tiger, Hidden Dragon pada tahun 2000. Film ini memenangkan empat Oscar dan meraih box office di Amerika Serikat dengan mencetak 100 juta dolar AS.

Ia juga melakoni sejumlah film Naked Weapon, Street Fighter: The Legend of Chun Li, Lifting, serta remake film Mulan pada tahun 2020.

Cheng Pei-pei meninggal pada usia 78 tahun.