Bagikan:

YOGYAKARTA – Tes fisik Polwan menjadi salah satu rangkaian seleksi yang dilakukan Polri dalam memilih calon siswa (casis) dari kalangan wanita.

Tes fisik Polwan atau disebut juga tes kesamptaan jasmani termasuk bagian yang wajib dalam rekrutmen anggota Polri. Kesamptaan sendiri bermakna kesiapsiagaan yang berkaitan dengan kondisi fisik.

Tes ini bertujuan mengukur kemampuan calon polwan dalam hal kecepatan, daya tahan, dan kemampuan fisik.

Jenis Tes Fisik Polwan

Disadur dari laman Casis Polri, dalam seleksi penerimaan polisi wanita, ada dua bagian tes kesamaptaan jasmani yang diujikan, yakni kesamaptaan A, dan kesamaptaan B.

Kesamaptaan A adalah tes lari selama 12 menit. Sedangkan kesamaptaan B untuk casis wanita meliputi chinning, sit up, push up, shuttle run, dan renang.

Adapun penjelasan masing-masing jenis tes fisik Polwan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Tes lari

Pada tes ini, calon siswa wanita akan diberi waktu selama 12 menit untuk lari mengelilingi lapangan sepak bola.

Aspek penilaian dilihat dari jumlah putaran atau jarak yang berhasil ditempuh casis wanita dalam waktu 12 menit. Semakin banyak jumlah putaran, maka nilainya akan semakin baik.

Akan tetapi, nilai maksimal yang didapat casis wanita dalam tes kesamaptaan Polri adalah 3095 meter.

  1. Tes chinning

Jenis tes fisik Polwan yang kedua adalah tes chinning. Tes ini mengharuskan casis wanita melakukan gerakan berdiri di depan tiang mendatar atau horizontal dengan tinggi sedagu peserta. Kemudian kaki tetap menginjak tanah, lalu tarik badan ke depan dan kembali ke belakang.

Casis wanita akan mendapatkan nilai maksimal jika berhasil melakukan 72 kali chining.

  1. Tes sit up

Jenis tes fisik polri yang berikutnya adalah push up. Pada casis wanita, tes ini dilakukan dengan bertumpu pada lutut. Dalam waktu ini, calon siswa wanita harus bisa melakukan pus up sebanyak 50 kali.

  1. Tes shuttlee run

Suttle run merupakan tes lari dalam kecepatan penuh. Cara melakukan tres ini yakni berlari dengan kecepatan penuh mengitari dua patok besi dan membentuk angka 8. Tes ini dliakukan selama 3 putaran.

Semakin cepat maka nilai casis juga akan semakin baik. Nilai tercepat yang bisa casis wanita dapatkan adalah 3 kali putatan adalah 17,6 detik.

  1. Tes renang

Dalam tes kesamaptaan untuk casis wanita, tes renang dilakukan dengan gaya bebas 9dada, katak, dan lain-lain) dengan jarak 25 meter. Setiap casis dapat memiliki gaya renang sesuai dengan keahlian sesuai dengan keahlian untuk menempuh jarak terdekat.

Anda akan mendapatkan nilai yang sangat baik jika berhasil menempuh jarak 25 meter dalam waktu 20 detik.

Demikian informasi tentang tes fisik Polwan. Dapatkan update berita pilihan lainya hanya di VOI.ID .