Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah ada ular masuk ke dalam rumah Anda di malam hari? Kejadian ini tentu saja bikin khawatir atau parno karena bisa membahayakan penghuni rumah. Di samping itu, sebagian orang mempercayai ada pertanda tertentu ketika ular masuk rumah di waktu malam. 

Orang-orang yang mempercayai primbon Jawa mengaitkan kedatangan ular atau hewan lain ke rumah memiliki makna tersendiri. Primoon Jawa memang sering digunakan oleh sebagian orang untuk menafsirkan berbagai fenomena alam, termasuk apa yang terjadi di sekitar kita. 

Banyak orang penasaran pertanda dari kejadian adanya binatang masuk rumah secara tiba-tiba. Lantas ilar masuk rumah malam hari artinya apa?

Arti Ular Masuk Rumah Malam Hari

Berikut ini beberapa arti dari kejadian ular masuk rumah di malam hari yang menarik untuk disimak:

Akan Memperoleh kedudukan

Menurut buku Kitab Primbon Jawa Serbaguna (2009) karya R. Gunasasmita, kemunculan ular di dalam rumah bisa dianggap sebagai pertanda baik. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa pemilik rumah akan mendapatkan kedudukan yang dihormati dan disegani.

Namun tanda ini dipercaya hanya akan terwujud jika pemilik rumah rajin memberikan sedekah berupa bahan makanan dan uang secukupnya kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

Akan Mengalami Kesulitan

Sebaliknya, kemunculan ular di dalam rumah juga bisa dianggap sebagai pertanda buruk. Pemilik rumah mungkin akan menghadapi kesulitan atau kerusakan dalam hidup jika tidak memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan.

Bakal Terlibat Utang

Dalam buku Primbon Wanita (2011) karya Rini Widayanti, disebutkan bahwa jika ada ular berbisa yang masuk ke rumah seorang wanita pada siang hari, ini adalah pertanda buruk. Hal ini bisa menunjukkan bahwa wanita tersebut terlibat dalam masalah utang.

Kehilangan Keluarga

Menurut sumber yang sama, jika seekor ular berbisa masuk ke rumah seorang wanita pada malam hari, ini juga merupakan pertanda buruk. Kejadian ini menandakan bahwa wanita tersebut akan kehilangan salah satu anggota keluarganya. Hal yang sama berlaku jika ular tidak berbisa masuk ke rumah seorang wanita pada siang hari.

Keluarga Mendapat Halangan

Masuknya ular ke dalam rumah saat malam hari juga dipercaya memberi tanda akan adanya halangan yang dihadapi oleh keluarga pemilik rumah. Kejadian ini diyakini menandakan akan ada hambatan dalam keluarganya.

Ada Kematian di Rumah Tersebut

Menurut buku Pertanda: Kematian Pasti Menjemputmu (2019) karya Tuti Kasih, ada tanda buruk ketika seekor ular sanca masuk ke rumah dan ditemukan di sudut rumah. Terutama jika rumah tersebut jauh dari kebun, sawah, atau tanah kosong. Peristiwa ini dipercaya sebagai pertanda akan terjadi kematian di rumah tersebut.

Ada Musuh yang Mengintai

Ular dikenal sebagai hewan yang licik, jahat, dan berbisa. Jika ular masuk ke rumah pada malam hari, maka bisa menandakan bahwa ada musuh yang sedang mengintai Anda. Musuh tersebut mungkin adalah orang yang iri, dengki, atau memiliki niat buruk terhadap Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan waspada terhadap orang-orang di sekitar Anda.

Menagih Janji

Jika seseorang melihat ular sanca muncul di rumah, tidak menggigit, dan kemudian hilang secara misterius, ini mungkin pertanda bahwa orang tersebut harus memenuhi janji atau nazar. Jika diabaikan, hal buruk bisa terjadi kepada orang yang berjanji tersebut.

Demikianlah beberapa arti ular masuk rumah di malam hari. Meski banyak asumsi yang mengaitkan kejadian ular masuk rumah dengan pertanda tertentu, namun bukan berarti hal itu akan terjadi. Sebaiknya Anda tetap berpikir positif dan segera menangani ular tersebut demi keamanan penghuni rumah. Baca juga arti mimpi ketemua orang yang sudah meninggal.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.