Arti Mimpi Ketemu Orang yang Sudah Meninggal, Bagaimana Pandangan Primbon dan Sains?
Ilustrasi bayangan (Vidar Nordli-Mathisen/Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal pasti membuat anda merasa kaget saat terbangun dari tidur. Setelah bangun, anda pasti kepikiran dan bertanya-tanya apa arti mimpi yang barusan dialami itu. 

Mimpi orang yang sudah meninggal banyak dialami oleh orang. Apalagi ketika sosok yang muncul dalam mimpinya adalah orang terkasih atau terdekat. Banyak orang yang merasa bahagia bisa memimpikan orang terdekat yang sudah meninggal. Namun ada juga yang merasa sedih dan takut setelah mengalami mimpi itu. 

Arti dari mimpi ketemu orang yang sudah meninggal sendiri memiliki banyak tafsir. Ada mimpi mimpi itu pertanda baik atau mimpi. Namun tidak sedikit pula yang mengatakan mimpi tersebut menyiratka hal buruk.

Ada beragam tafsir mimpi orang yang sudah meninggal menurut bidang keilmuan yang berbeda, mulai dari spiritual, menurut primbon, hingga berdasarkan sains. 

Arti Mimpi Orang yang Sudah Meninggal Menurut Spiritual

Mimpi tidur selalu dengan hal yang bersifat spiritual. Faktor psikologis serta spiritual dalam mimpi bertemu orang yang sudah meninggal disebut sebagai bentuk simbil. Dari pandangan spiritual, mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal memiliki arti yang beragam.

Secara psikologis, mimpikan orang terdekat yang sudah meninggal memberikan pertanda penyesalan. Penyebabnya bisa jadi karena selama orang tersebut masih hidup, Anda tidak meluangkan banyak waktu untuk bersamanya. Lalu muncul rasa bersalah di alam bawah sadar yang tidak disadari dalam dunia mimpi. 

Sementara itu, secara spiritual ada dua tafsir mengenai mimpi orang yang sudah meninggal. Tafsir pertama mengatakan roh orang yang telah meninggal dunia mencoba berkomunikasi kembali dengan manusia. Cara komunikasi yang dilakukan pun dengan berhubungan lewat mimpi. 

Sedangkan alasan kedua mengatakan orang yang sudah meninggal ingin melakukan balas dendam dalam bentuk apapaun. Kemudian mereka mengunjungi orang-orang yang dimaksud melalui mimpi.

Ada juga yang mengatakan bahwa mimpi tersebut memiliki arti mendapat kunjungan dari orang tersayang. Orang yang sudah meninggal dunia biasanya adalah roh baik yang berkunjung untuk melihat orang-orang yang mereka sayangi untuk menyampaikan sesuatu.

Arti Mimpi Orang yang Sudah Meninggal Menurut Primbon

Primbon Jawa memiliki tafsir tersendiri mengenai mimpi bertemu orang yang sudah meninggal. Orang yang mengalami mimpi itu disebut mendapatkan pesan atau amanat.

Pertama mimpi orang yang meninggal menjadi pertanda baik akan ada pengorbanan atau pertolongan. Mimpi itu juga menandakan ada pesan yang ingin disampaikan. Orang yang muncul dalam mimpi bisa jadi ingin memberikan pesan kepada si pemimpi. 

Tafsir lain dari mimpi itu adalah sebagai pengingat. Mimpi orang yang sudah meninggal menandakan selama orang itu hidup, kamu sering menyia-nyiakan kehadirannya. Selain itu tafsir lain, bisa jadi kamu sedang merasa kesepian atau kesepian seseorang. 

Mimpi itu juga mempunya tafsir lain, yaitu minta didoakan. Primbon Jawa mengatakan jika kamu memimpikan orang yang sama selama lebih dari tiga kali, berarti orang tersebut minta didoakan. 

Jika tadi memimpikan orang lain, pernahkan anda memimpikan diri sendiri meninggal dunia? Mimpi ini menyiratkan pesan agar anda melakukan intropeksi diri. Selama ini mungkin ada kesalahan-kesalahan yang tidak Anda sadari. 

Arti Mimpi Orang yang Sudah Meninggal Menurut Sains

Ada juga tafsir mimpi orang yang sudah meninggal dari segi ilmu pengetahuan atau Sains. Menurut science, mimpi merupakan hasil dari impuls listrik otak yang dapat menarik pikiran serta citra acak dari ingatan seseorang.

Ilmuwan punya pandangan bahwa mimpi yang dialami seseorang berkaitan erat dengan emosi yang pikiran tersebut. Memimpikian sesoerang, baik yang sudah meninggal atau yang belum, memiliki arti bahwa anda mimiliki hubungan dekat dengan orang itu. Bisa dikatakan mimpi itu merupakan ingatan ingatan lama.

Saat berusaha mengingat kenangan, suatu perasaan menyesal bisa muncul dari alam bawah sadar dan bentuk mimpi. Selain itu, berdasarkan ilmu tanda, mimpi mengenai kematian seringkali menandakan simbol akhir atau penyelesaian. Entah itu akhir dari hubungan percintaan atau pekerjaan.

Itu tadi arti mimpi orang yang sudah meninggal menurut tiga keilmuan, yaitu spiritual, primbon, dan Sains. Yang terpenting dari mimpi dan tafsirnya adalah kita bisa mengambil hikmahnya. Kita bisa mengambil mimpi tersebut menjadi motivasi untuk memperbaiki diri. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.