Bagikan:

YOGYAKARTA – Kokok ayam jantan normalnya terjadi saat pukul 4 pagi atau mejelang waktu Subuh. Namun tak jarang ayam berkokok lebih cepat dari biasanya. Di kebudayaan Jawa, kondisi tersebut terjadi bukan tanpa sebab. Arti ayam berkokok jam 1 malam bisa menandakan suatu kejadian tertentu.

Kokok ayam jago dalam primbon Jawa masuk sebagai salah satu pertanda alam yang berhubungan dengan kejadian di luar kebiasaan. Ada banyak hal yang bisa diartikan dengan adanya fenomena tersebut.

Arti Ayam Berkokok Jam 1 Malam

Menurut mitos dan kepercayaan kejawen, kokok ayam jantan jam 1 pagi menandakan beberapa hal yakni sebagai berikut.

  1. Pertanda Kelahiran di Luar Nikah Sah

Kokok ayam jam 1 malam menandakan bakal lahir seorang anak yang lahir di luar nikah sah. Kokok tersebut sebagai salah satu bentuk sambutan alam sekaligus sebagai penanda bahwa ibu yang akan atau sedang melahirkan tidak jauh dari situ.

  1. Melihat Jin Baik

Berbeda dengan anjing yang jika menggonggong saat malam hari berarti melihat jin negatif, kokok ayam jantan justru menandakan jin baik sedang melintas di sekitar situ. Ayam ikut menyambut jin baik yang ia lihat dengan kokokan mereka.

  1. Melihat Malaikat

Kehadiran malaikat juga bisa ditandai dengan kokok ayam jantan. Orang terdahulu selalu menganjurkan untuk berdoa yang baik-baik saat mendengar ayam jantan berkokok lebih cepat dibanding biasanya karena doa tersebut akan langsung dibawa oleh malaikat yang melintas untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

  1. Pertanda Kebahagiaan Turun

Bagi orang Jawa, hewan dianggap punya kepekaan yang lebih tinggi dibanding manusia. Oleh karena itu wajar jika ayam selalu dikaitkan dengan wangsit atau tanda spiritual. Salah satu yang sering dikaitkan dengan kokok ayam dini hari adalah pertanda akan datangnya kebahagiaan. Ayam memberikan tanda kepada pemilik rumah untuk bangun dan berdoa sebagai salah satu bentuk penyambutan atas kebahagiaan yang turun.

  1. Gangguan Teritori Ayam

Ayam memang bisa berkokok saat “sesuatu” mengganggu wilayah yang masuk dalam teritorinya. Gangguan tersebut tidak melulu disebabkan dari sesama hewan atau manusia, bisa terjadi karena suatu energi negatif. Energi tersebut dilihat sebagai sebuah ancaman sehingga ayam akan berkokok untuk memberitahukan kepada kawanan yang lain tentang adanya gangguan tersebut.

  1. Melihat Energi Negatif Bentuk Cahaya

Ayam jago memang punya sensitifitas yang sangat tinggi terhadap cahaya. Mereka akan berkokok saat melihat cahaya yang menyerupai api atau cahaya matahari. Di sisi lain energi negatif yang “dikirim” oleh seseorang bisa berwujud bola api. Energi tersebut bisa dilihat oleh ayam secara jelas dan mereka akan berkokok saat melihat cahaya tersebut.

Itulah informasi terkait arti ayam berkokok jam 1 malam. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.