Bagikan:

YOGYAKARTA – Batuk berdahak adalah salah satu gangguan kesehatan pada bayi yang kadang membuat khawatir orang tua. Pasalnya, bayi belum bisa mengeluarkan adanya dahak atau lendir di tenggorokan sehingga dikhawatirkan akan mengganggu pernapasannya. Untuk mengantisipasi hal tersebut orang tua harus tahu cara mengeluarkan dahak pada bayi.

Dengan mengetahui cara keluarkan dahak, diharapkan kondisi bayi bisa sedikit lebih baik sehingga tidak terjadi hal buruk dampak batuk tersebut.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Cara keluarkan dahak di tenggorokan bayi bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Meski begitu praktiknya harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut ini tips keluarkan dahak bayi.

  1. Berikan ASI

ASI tidak hanya mengandung banyak nutrisi, namun membantu mengeluarkan kotoran termasuk dahak dari tenggorokan. Nantinya dahak akan dibuang lewat feses.

Selain itu ASI juga mengandung antibodi sehingga kekebalan tubuh bayi bisa lebih tahan dengan infeksi flu dan batuk.

  1. Tepuk Punggung

Cara mengeluarkan dahak pada bayi bisa pula dengan tepukan di punggung. Cara ini akan mempermudah keluarnya dahak dari saluran pernapasan. Cara menepuknya tidak boleh sembarangan, yakni dengan memposisikan tubuh bayi dalam keadaan tengkurap, lalu tepuk perlahan. Atau penepukan bisa dilakukan dengan cara digendong dengan posisi punggung menghadap ke depan.

  1. Memberi Uap Air Hangat

Caranya cukup mudah, siapkan sebaskom air panas yang masih beruap. Setelah itu posisikan bayi agar uap bisa mengarah ke muka bayi sehingga uap bisa terhirup dari hidung. Diharapkan hati-hati saat melakukan penguapan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

  1. Hisap Ingus

Biasanya keberadaan dahak disertai dengan ingus. Saat itu terjadi, orang tua bisa menghisap ingus dengan mulut atau cukup dibersihkan dengan tisu. Cara ini biasa dilakukan oleh masyarakat tradisional untuk membantu bayi yang sedang batuk.

  1. Atur Posisi Tidur

Jika anak sudah cukup besar untuk diatur posisi tidurnya, cobalah dengan meninggikan posisi kepala dengan bantal agar lebih tinggi, ganjal pula punggungnya dengan bantal sehingga badan bisa tertopang dengan baik. Cara ini akan membantu meredakan napasnya yang berat.

Namun hindari cara ini untuk bayi yang usianya di bawah 1 tahun karena dikhawatirkan terjadi sudden infant death syndrome (SIDS).

  1. Hangatkan Bayi dengan Sinar Matahari

Disarankan pula agar ibu rajin membawa anak ke luar ruangan sehingga mendapat asupan cahaya Matahari. Pilihlah waktu-waktu yang tidak terlalu panas seperti pukul 07.00 sampai 10.00 WIB. Cara ini cukup bermanfaat untuk mengencerkan dahak serta menghangatkan tubuh sehingga lebih fit.

  1. Mandikan dengan Air Hangat

Batuk bisa disebabkan karena kondisi badan yang sedang kurang fit sehingga memandikan bayi dengan air hangat akan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu mandi air hangat juga akan melancarkan peredaran darahnya.

Disarankan untuk para orang tua agar menerapkan cara mengatasi bayi pilek sehingga anak tetap sehat.

Itulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.