Cara Mengatasi Bayi Pilek: Awas, Penggunaan Obat-Obatan untuk Bayi Bisa Berakibat Fatal!
Cara Mengatasi Bayi Pilek (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebelum bicara banyak terkait cara mengatasi bayi pilek, jika bayi Anda berusia kurang dari 3 bulan, hubungi dokternya di awal penyakit. Pada bayi baru lahir, sangat penting untuk memastikan bahwa penyakit yang lebih serius tidak ada, terutama jika bayi Anda demam.

Secara umum, Anda tidak perlu ke dokter jika bayi Anda yang lebih besar menderita flu biasa. Jika Anda memiliki pertanyaan atau jika gejala bayi Anda memburuk atau tidak hilang, mungkin sudah waktunya untuk menemui dokter.

Dokter bayi Anda umumnya dapat mendiagnosis flu biasa dengan tanda dan gejala bayi Anda. Jika dokter Anda mencurigai bayi Anda memiliki infeksi bakteri atau kondisi lain, ia mungkin memerintahkan rontgen dada atau tes lain untuk menyingkirkan penyebab lain dari gejala bayi Anda.

Cara Mengatasi Bayi Pilek

Bayi Sakit (Unsplash)

Perlakuan

Tidak ada obat untuk flu biasa. Sebagian besar kasus flu biasa membaik tanpa pengobatan, biasanya dalam waktu seminggu hingga 10 hari, tetapi batuk dapat bertahan selama seminggu atau lebih. Antibiotik tidak bekerja melawan virus flu.

Cobalah untuk membuat bayi Anda lebih nyaman dengan langkah-langkah seperti memastikan dia minum cukup cairan, menyedot lendir hidung dan menjaga kelembapan udara.

Obat-obatan yang dijual bebas (OTC) umumnya harus dihindari pada bayi.

Obat penurun demam

Anda dapat menggunakan obat penurun demam OTC jika demam membuat anak Anda tidak nyaman. Namun, obat-obatan ini tidak membunuh virus flu. Demam adalah bagian dari respons alami anak Anda terhadap virus, jadi mungkin membantu membiarkan anak Anda mengalami demam ringan.

Untuk pengobatan demam atau nyeri pada anak-anak, pertimbangkan untuk memberikan obat demam dan nyeri yang dijual bebas pada bayi atau anak-anak Anda seperti asetaminofen (Tylenol, lainnya) atau ibuprofen (Advil, Motrin, lainnya). Ini adalah alternatif yang lebih aman untuk aspirin.

Untuk anak di bawah 3 bulan, jangan berikan asetaminofen sampai bayi Anda diperiksa oleh dokter. Jangan berikan ibuprofen pada anak di bawah 6 bulan atau pada anak yang terus menerus muntah atau mengalami dehidrasi. Gunakan obat-obatan ini untuk waktu yang sesingkat-singkatnya. Jika Anda memberi anak Anda pereda nyeri, ikuti panduan dosis dengan hati-hati. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang dosis yang tepat untuk bayi Anda.

Anak-anak dan remaja yang pulih dari cacar air atau gejala seperti flu tidak boleh mengonsumsi aspirin. Ini karena aspirin telah dikaitkan dengan sindrom Reye, suatu kondisi yang jarang namun berpotensi mengancam jiwa, pada anak-anak tersebut.

Obat batuk dan pilek

Obat batuk dan pilek tidak aman untuk bayi dan anak kecil. Obat batuk dan pilek yang dijual bebas tidak mengobati penyebab pilek pada anak dan tidak akan menyembuhkannya lebih cepat dan dapat berbahaya bagi bayi Anda. Obat batuk dan pilek memiliki potensi efek samping yang serius, termasuk overdosis fatal pada anak di bawah 2 tahun.

Jangan menggunakan obat bebas, kecuali obat penurun panas dan pereda nyeri, untuk mengobati batuk dan pilek pada anak di bawah 6 tahun. Juga pertimbangkan untuk menghindari penggunaan obat-obatan ini untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

Jadi setelah mengetahui cara mengatasi bayi pilek, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!