Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak masyarakat Indonesia yang beternak kambing. Meski terlihat mudah dipelihara, namun perawatan kambing juga membutuhkan perhatian ekstra. Salah satu masalah yang perlu diantisipasi oleh pemilik ternak adalah kambing yang malas makan.

Apakah kambing peliharaan akhir-akhir ini tampak tidak bernafsu makan? Kambing bisa saja kehilangan selera makan karena beberapa penyebab. Jika kambing yang tidak mau makan dibiarkan terus-terusan maka bisa mengalami sakit hingga berimbas kematian. 

Tidak sedikit pemilik kambing yang cemas dan kebingungan ketika peliharaannya tidak doyan makan. Sudah diberi daun-daun segar dan pakan menggoda, namun si kambing masih belum mau melahapnya. 

Jika mengalami kondisi seperti demikian, pemilik kambing tidak perlu bingung. Namun Anda tetap harus memberikan perawatan dan perhatian ekstra. Lantas bagaimana cara mengatasi kambing tidak mau makan agar nafsunya meningkat kembali?

Penyebab Kambing Tidak Nafsu Makan

Pemilik kambing mana yang tidak stres melihat ternaknya ogah-ogahan makan. Nggak cuma bingung, kambing peliharaan yang malas makan juga membuat pemiliknya jadi cemas. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama tentunya akan membahayakan kesehatan si kambing. 

Sebelum mengetahui cara mengobati kambing yang tidak mau makan, pemilik perlu lebih dulu memahami penyebabnya. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kambing malas makan meski diberi makanan berlimpah. 

Penting bagi pemilik ternak untuk mengetahui penyebab kambing nggak doyan makan supaya bisa melakukan perawatan secara tepat. Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kambing kesayanganmu tidak bernafsu makan:

  • Si kambing bosan dengan makanan yang itu-itu melulu atau menu sama terus. Fakta menarik menyebutkan bahwa kambing tergolong hewan yang pemilih soal makanan.
  • Cacingan pada kambing yang mengganggu sistem saluran pencernaan dan lambung. Akibat masalah kesehatan kambing ini, nutrisi yang masuk tidak bisa terserap dengan baik. Jika kambing terus-menerus menderita cacingan, tubuhnya akan tetap kurus meski makan dalam porsi banyak.
  • Kurang asupan vitamin yang masuk ke tubuh kambing. 
  • Mengalami keracunan akibat makanan, seperti daun-daun yang mengandung pestisida atau tercemar sampah.

Cara Mengatasi Kambing Tidak Mau Makan

Jika kambing peliharaan Anda terlihat nggak nafsu makan selama beberapa hari, sebaiknya segera diobati. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kambing yang tidak mau makan:

Mengganti Pakan

Kambing nggak mau makan mungkin karena bosan dengan menu pakan yang Anda suguhkan. Sebelum berpikir jauh untuk memberi obat atau memanggil dokter hewan, cobalah lebih dulu untuk mengganti pakannya. 

Berikan jenis makanan yang berbeda dari menu-menu sebelumnya. Misalnya kalau selama dua minggu terakhir Anda memberikan rumput, maka bisa beralih memilih menu daun-daunan hijau atau kacang panjang. Anda juga bisa menyuguhkan variasi makanan seperti biji-bijian kecil atau kulit pisang. 

Memberikan Pakan Konsentrat

Selain memberikan pakan dari bahan alami, pemilik kambing juga bisa menyodorkan makanan buatan. Anda bisa memilih pakan alternatif seperti dedak yang dicampur dengan air. Makanan bertekstur cair atau lunak lebih mudah ditelan dan dicerna oleh kambing. 

Anda bisa memberikan pakan konsentrat yang menyimpan protein dan karbohidrat tinggi. Misalnya dengan memberikan makanan dari campuran bahan jagung halus, bungkil kelapa, dan dedak. 

Berikan Obat Cacing

Cobalah memberikan obat cacing pada kambing yang nafsu makannya menurun. Langkah ini perlu dilakukan apabila kambing masih enggan makan meski sudah diberikan pakan lain atau yang lebih baik. 

Kemungkinan lain kambing tidak mau makan karena terdapat permasalahan pada saluran pencernaan. Pemberian obat cacing bisa membantu menangani gangguan kesehatan tersebut, sehingga nafsu makan si kambing bisa kembali membaik. Namun perlu diingat, berikan obat dengan dosisi dan aturan minum sesuai petunjuk. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi kambing yang tidak mau makan. Jika peliharaan Anda sudah beberapa hari tidak doyan makan, coba terapkan tips di atas. Jika memang kondisinya sudah cukup parah atau berkepanjangan, sebaiknya hubungi dokter hewan untuk meminta bantu pengobatan. Baca juga cara budidaya bebek petelur untuk pemula

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.