Bagikan:

YOGYAKARTA - Dieng menjadi satu tempat favorit untuk melakukan camping bersama teman-teman atau keluarga. Ketika berkemah di sini, Anda akan terbangun di tengah suasana pegunungan yang sejuk dan pemandangan indah. Ada beberapa lokasi camping di Dieng yang bisa dijadikan pilihan. 

Camping memang paling asyik dilakukan di alam terbuka dengan udara yang masih segar dan lingkungan asri. Sebagai dataran tinggi di Jawa Tengah, Dieng menawarkan daya tarik bagi orang-orang yang mencari lokasi terbaik untuk bermalam di tenda. 

Berkemah di Dieng bisa dilakukan untuk mengisi waktu weekend atau hari libur. Ada beberapa titik lokasi wisata yang menyediakan camping ground bagi pengunjung yang ingin bermalam. Lantas mana saja lokasi camping di Deing yang menikmati waktu malam?

Lokasi Camping Terbaik di Dieng

Camping di Dieng dapat menjadi agenda menepi sejenak dan healing dari kesibukan sehari-hari. Berkemah di kawasan dataran tinggi ini bisa memberikan pengalaman yang menarik dan mengesankan. Selain bisa menghirup udara sejuk alami, Anda juga bisa sekalian mengunjungi banyak objek wisata di Dieng jarak antar lokasinya tidak jauh. 

Berikut ini rekomendasi lokasi camping di Dieng dengan suasana yang sejuk dan menyuguhkan pemandangan indah:

Embung Kledung

Tempat camping di Dieng yang banyak dikunjungi adalah Embung Kledung. Embung Kledung atau Bendungan Kledung merupakan proyek bendungan pemerintah yang dibangun untuk memperbaiki tata desa serta sistem irigasi pertanian di sekitar Dieng.

Namun karena lokasinya yang asri, tempat ini sering dikunjungi warga sebagai destinasi wisata, termasuk untuk berkemah. Terletak di Desa Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tempat ini menyediakan penyewaan alat camping, sehingga kamu tidak perlu repot membawa peralatan dari rumah.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah salah satu camping ground terkenal di Dieng. Daya tarik utama dari tempat ini adalah puncak bukit yang menawarkan pemandangan indah dari atas awan. Ketika pagi hari, Anda bisa menyaksikan keindahan golden sunrise atau matahari terbit. 

Bagi Anda yang berencana camping di sini, bawalah pakaian tebal karena suhu udara cukup dingin. Untuk mencapai puncak Bukit Sikunir, perjalanan pendakian dari area parkir membutuhkan waktu sekitar 30–45 menit.

Gunung Prau

Salah satu tempat camping yang sangat terkenal di Dieng adalah Gunung Prau. Gunung ini terletak di dataran tinggi Dieng dan sudah tidak asing lagi di kalangan pendaki sebagai jalur trekking favorit. Selama pendakian, pengunjung akan melewati padang rumput hijau dan melintasi Desa Dieng.

Saat mencapai puncak Gunung Prau, Anda akan disuguhi pemandangan bukit-bukit kecil hijau yang terlihat seperti tempurung kura-kura. Banyak orang berkemah di sini untuk menikmati panorama matahari terbit dan terbenam.

Telaga Bedakah

Camping ground Dieng ini memiliki ciri khas yang unik karena terletak di tepi danau yang cantik. Berlokasi di Kertek, Wonosobo, Telaga Bedakah Camping Ground menawarkan pengalaman berkemah dengan udara segar dataran tinggi yang menyegarkan.

Di Telaga Bedekah, dipastikan Andai akan menikmati waktu berkemah yang seru. Di temapt ini terdapat aktivitas tambahan yang bisa Anda ikuti, seperti flying fox, perahu bebek, dan taman bermain untuk pengunjung.

Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng terletak di kompleks wisata Wana Wisata Petak 9 di Wonosobo, Jawa Tengah. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dan udara sejuk pegunungan yang menyegarkan. 

Tempat ini cocok dijadikan lokasi berkemah karena lingkungannya dapat menghilangkan rasa penat dalam sekejap. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam, hiking, berkemah, mencoba wahana ATV, atau hanya menikmati udara segar dan panorama matahari tenggelam.

Waduk Wadaslintang

Jika Anda ingin berkemah di Dieng tanpa harus mendaki gunung, pilihan yang tepat adalah spot berkemah di Waduk Wadaslintang. Waduk ini merupakan bagian dari proyek irigasi pemerintah untuk mendukung pertanian di wilayah Dieng.

Waduk Wadaslintang juga memiliki camping ground dengan tempat yang nyaman. Anda bisa mengunjungi waduk ini untuk bemrmalam beberapa hari. Di sini Anda juga bisa mencoba aktivitas lain seperti memancing, naik perahu dayung, atau berpiknik. Baca juga tips camping dengan anak yang nyaman dan berkesan.

Demikianlah rekomendasi beberapa lokasi camping di Dieng yang menarik untuk bermalam mendirikan tenda. Anda bisa menikmati momen liburan dan weekend dengan melakukan camping di salah satu tempat di atas bersama teman-teman atau keluarga. Baca juga 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.