Bagikan:

YOGYAKARTA - Berkemah atau camping bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi liburan. Nuansa sejuk dan keindahan alam Kota Bogor menjadi pilihan wisatawan untuk refreshing. Ada beberapa tempat camping ground Bogor yang bisa menjadi pilihan destinasi dengan berbagai fasilitas dan aktivitas seru yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. 

Salah satu daya Tarik Kota Bogor adalah iklim yang sejuk dan nyaman. Udara segar dan dingin di malam hari memberikan pengalaman tidur yang nyaman dan menyenangkan terutama ketika berada di tengah alam. Bogor dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, dari pegunungan hijau yang memukau hingga hutan-hutan yang rimbun. Setiap sudut Bogor menawarkan pemandangan dan panorama yang indah.

Rekomendasi Camping Ground Bogor

Dilansir VOI, di bawah ini adalah beberapa camping ground di Bogor yang menawarkan pemandangan indah, fasilitas lengkap, dan pengalaman yang menyenangkan.

Camping Ground Bogor. (Pixabay)

Highland Camp Curug Panjang

Highland Camp Curug Panjang merupakan tempat camping terbesar di kawasan Puncak Bogor. Area camping ini dikelilingi dengan hutan, sungai dan air terjun yang eksotis. Highland Camp Curug Panjang juga menawarkan kegiatan gathering, outing, wisata air terjun dan wisata petualangan seperti treking hutan, susur sungai, dan sebagainya. Daya tarik Highland Camp Curug Panjang adalah keberadaan Taman Kunang-kunang yang merupakan rumah bagi ribuan serangga malam penghasil cahaya.

Lokasi Highland Camp Curug Panjang berada di kawasan Pariwisata Curug Panjang, Jalan Curug Panjang, Paseban Megamendung Puncak, Bogor.

Eagle Hill

Eagle Hill menawarkan area camping dengan fasilitas lengkap. Fasilitas di Eagle Hill antara lain lapangan, kolam renang, tenda pertemuan, toilet, auditorium, outbond, area parkir, dan susur sungai. Eagle Hill memiliki tujuh area camping dengan luas lahan sekitar 12 hektar. Tarif camping di Eagle Hill mulai dari Rp 159.000 per orang, termasuk tiket masuk area camping, tenda, sleeping bag, makan dan minum, camilan, dan penerangan.

Lokasi Eagle Hill berada di Jalan Al-Barokah, Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Golf Cibodas

Area ini dulunya adalah tempat olahraga golf seluas 14 hektar. Saat ini Golf Cibodas dijadikan sebagai salah satu camping ground dengan fasilitas sleeping bag dan alas tidur matras. Tempat ini juga memiliki fasilitas outbond dan pemandangan air terjun yang indah.

Lokasi Golf Cibodas berada di Perkemahan Bukit Golf Cibodas Camp Park, Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253.

Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah salah satu tempat camping di Bogor yang populer. Mengutip dari laman Gunung Pancar, obyek wisata ini berada di ketinggian 300-800 mdpl sehingga berhawa sejuk. Selain camping, ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan antara lain outbond, trekking, dan glamping. Gunung Pancar dikelilingi dengan pohon pinus sehingga memiliki suasana asri.

Lokasi Gunung Pancar berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor.

Taneuh Polaris

Di tempat berkemah ini, setiap tenda sudah mendapat king size bed, coffee set, kipas, dan refill carave. Selain itu, kamar mandinya pun cukup bersih dan lengkap dengan water heater, sabun dan sampo yang bisa diisi ulang, serta bathtub. Hal yang paling menyenangkan adalah setiap tenda memiliki private garden sehingga bisa duduk-duduk santai sembari melihat pemandangan. 

Lokasi Taneuh Polaris berada di Jalan Raya Cihideung Nomor 133, Cijeruk, Bogor.

Bukit Alesano

Bukit Alesano terkenal dengan pemandangan malam yang menakjubkan karena dapat melihat kelap-kelip lampu kota dari ketinggian. Bukit Alesano memiliki fasilitas area camping, toilet, dan warung makan yang siap menemani sepanjang camping. 

Lokasi Bukit Alesano berada di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk dengan perjalanan sekitar 2 jam dari Jakarta.

Kampoeng Awan

Kampoeng Awan menawarkan pengalaman camping yang lebih dekat dengan alam dengan suasana pedesaan yang asri. Adapun fasilitas di area camping ini cukup lengkap, yaitu area camping, toilet, kolam renang, dan ruang pertemuan.

Lokasi Kampoeng Awan berada di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin atau sekitar 1,5 jam dari Jakarta.

Gunung Geulis

Camping nyaman menjadi daya tarik Gunung Geulis Campsite dengan konsep glamping sehingga tidak perlu membawa alat kemah untuk berlibur di sini. Gunung Geulis Campsite juga dilengkapi dengan kolam renang, playground, hinggga cafe yang dikelilingi pepohonan sejuk.

Lokasi Gunung Geulis berada di Jalan Raya Pasir Angin, Pandansari, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lembah Salak

Camping ground Gunung Salak merupakan area perkemahan yang terletak di lereng Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Camping ground ini sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet dan mushola. Pemandangan yang dapat dinikmati adalah Curug Putri Pelangi yang indah dan bintang di malam hari yang akan menyejukkan mata. 

Lokasi Lembah Salak berada  di Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740.

D’Jungle Private Camp

Kawasan D’Jungle Private Camp memiliki hawa sejuk karena berada di ketinggian 1.000 mdpl. Selain camping, trekking berkeliling area atau hiking menuju Curug Kembar juga dapat dilakukan di sini. Terdapat fasilitas tenda atau glamping dan kamar mandi sudah dilengkapi dengan air hangat.

Lokasi D’Junge Private Camp berada di Kampung Pasir Manggis, Desa Megamendung, Jogjogan, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Demikianlah ulasan tentang camping ground Bogor yang bisa Anda jadikan list untuk berwisata dengan keluarga atau orang terkasih. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.