Bukit Bintang Bandung, Spot Terbaik Menyaksikan Lanskap Kota Parahyangan
Bukit Bintang Bandung (Instagram/@javascenery)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kota Bandung seolah tak habis-habis menawarkan destinasi wisata yang asyik, indah, sekaligus romantis. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Bukit Bintang. Lokasi Bukit Bintang Bandung berada di Kampung Buntis Bongkor Cimenyan, Kabupaten Bandung. 

Bukit Bintang Bandung menjadi wisata yang populer di kalangan anak muda. Tempat yang berada di dataran tinggi 1442 mdpl ini awalnya adalah hutan pinus sadapan yang disulap menjadi area Bukit Bintang. 

Bukit Bintang ini menawarkan pesona yang tak kalah dengan wisata Bandung lainnya yang berada di dataran tinggi atau pegunungan. Apabila datang ke sini pada sore menjelang petang dan malam hari, Anda bisa melihat kerlap-kerlip kota Parahyangan dari ketinggian. Jika berkunjung pada pagi hari, Anda dapat menikmati pemandangan alam sambil menghirup udara yang menyejukkan. 

Lokasi Bukit Bintang Bandung

Bukit Bintang Bandung berlokasi di Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasi tempat ini tidak jauh dari kawasan wisata Bukit Moko, yakni hanya berjarak sekitar 200 meter. Wisata ini juga kadang disebut dengan nama Bukit Bintang Bukit Moko.

Rute ke Bukit Bintang Bandung

Untuk datang ke tempat ini aksesnya cukup mudah. Dari Kota Bandung, Anda bisa menuju ke arah Terminal Cicaheum. Setelah sampai di perempatan sebelum lampu lalin, beloklah kiri ke arah Padasuka. Dari Padasuka, lanjut terus ke arah Caringin Tilu dengan jalan yang menanjak. Ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di parkiran Bukit Bintang. 

Rute ke Bukit Bintang Bandung masih cukup sulit dilalui oleh Bus dan kendaraan besar karena treknya cukup berbahaya. Rute perjalanan ke tempat ini terbilang sempit, menanjak, menanjak, dan sedikit ekstrim. Paling aman adalah dengan membawa kendaraan pribadi, bisa motor atau mobil. 

Jam Buka Bukit Bintang Bandung

Bukit Bintang Bandung buka setiap hari, mulai Senin hingga Minggu. Jam bukanya dari pukul 08.00 - 19.00 WIB. Namun pada waktu weekend atau liburan, tempat ini bisa buka selama 24 jam. Pada momen-momen libur seperti tahun baru, Idul Fitri, liburan sekolah, dan sebagainya, Bukit Bintang ini akan ramai oleh pengunjung. 

Tiket Masuk Bukit Bintang Bandung

Bukit Bintang Bandung menjadi objek wisata yang terjangkau karena tiket masuknya ramah kantong. Untuk masuk ke area Bukit Bintang, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp15.00 per orang. Sementara biaya parkirnya antara Rp5.000 - Rp10.00 tergantung jenis kendaraannya. 

Di tempat ini, Anda juga bisa memesan tempat untuk camping. Biaya camping dipatok sebesar Rp20.000 per orang. Jangan lupa juga menyiapkan makanan atau camilan dari rumah untuk dinikmati sambil melihat pemandangan yang indah.

Fasilitas di Bukit Bintang Bandung

Sudah ada banyak fasilitas yang tersedia di Bukit Bintang Bandung. Jadi ketika liburan ke sini bersama pasangan atau keluarga Anda bisa menikmati momen dengan nyaman. Di tempat ini tersedia toilet, mushola, rest area, track hiking, hingga camping. 

Tempat ini juga sangat memanjakan bagi Anda yang suka foto-foto. Di Bukit Bintang ini terdapat beberapa spot foto untuk mengabadikan momen seru Anda. Jika datang pada malam hari, tidak perlu khawatir karena sudah banyak lampu penerangan yang terpasang. 

Daya Tarik Bukit Bintang Bandung

Bukit Bintang Bandung memiliki daya tarik berupa wisata alam yang indah dan menyejukkan. Di tempat ini Anda bisa menikmati panorama alam dari ketinggian sembari berjalan-jalan di hutan pinus. Berada di area hutan pinus akan menjadi pengalaman yang seru karena Anda bisa melihat barisan pohon yang berjajar rapi, cahaya yang masuk di antara pohon, bunyi derai daun tertiup angin, dan sebagainya. 

Selain itu, Anda juga bisa datang pada sore hari untuk menyaksikan indahnya sunset. Setelah melihat matahari terbenam, Anda bisa disuguhi dengan pemandangan lampu-lampu perkotaan Kota Bandung yang tampak bagai pancaran bintang. Tak cuma itu, Anda pun bisa bermalam di sini karena tersedia camping ground dengan tarif terjangkau. 

Demikianlah informasi objek wisata Bukit Bintang Bandung. Tempat wisata di dataran tinggi tak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke Kota Bandung. Dengan tarif yang terjangkau, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang indah, serta suguhan gemerlap perkotaan Bandung pada malam hari. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.