Daftar Wisata Malam Jogja Outdoor yang Bisa Dikunjungi
Ilustrasi Jogja (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Wisata malam Jogja jadi salah satu andalan sekaligus yang banyak diburu oleh pelancong. Kota yang dijuluki dengan nama Kota Pelajar itu memiliki banyak tempat wisata malam outdoor yang menampilkan suasana romantis.

Menariknya lagi, wisata malam yang ada di Yogyakarta jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Waktu tempuh yang dibutuhkan juga tidak terlalu jauh, sehingga wisatawan bisa dengan mudah menjangkaunya dengan kendaraan pribadi.

Daftar Wisata Malam Jogja

Beberapa wisata malam di Kota Jogja sebagian berbayar, namun ada pula yang gratis. Berikut ini tempat yang bisa dikunjungi saat wisata malam di Jogja.

  1. Bukti Bintang

Wisata Bukit Bintang beralamat di pinggir jalan utama rute Yogyakarta-Wonosari. Disebut dengan Bukti Bintang karena di tempat ini pengunjung bisa menikmati lampu kota Jogja dari dataran tinggi menyerupai bintang. Saat cuaca cerah, pengunjung bisa melihat megahnya gunung Merapi yang ada di sisi Utara Kota Jogja.

Tak perlu mengeluarkan tiket masuk untuk berkunjung ke Bukit Bintang, pengunjung bisa makan dan bersantai di tempat makan yang banyak tersedia di area Bukit Bintang.

  1. Spot Riyadi

Wisata malam Spot Riyadi belum begitu populer di kalangan wisatawan. Namun tempat ini patut dikunjungi saat malam hari. Tempat ini menyajikan pemandangan Jogja saat malam. Serupa Bukti Bintang, Spot Riyadi banyak disukai karena tempatnya masih asri dan lokasinya harus naik di perbukitan Piyungan, Prambanan. Anda bisa melihat lampu kota Jogja dan Gunung Merapi saat cerah.

  1. Malioboro

Tempat ini sangat familiar bagi wisatawan. Bahkan jadi salah satu andalan wisata Jogja. Rasanya kurang lengkap jika Anda tak mampir ke Malioboro ketika wisata di Jogja. Di tempat ini Anda akan disajikan suasana malam kota Jogja yang diisi oleh pengamen dan berbagai pertunjukan kesenian lain.

  1. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah salah satu wisata yang berupa tebing batu kapur. Tebing ini layak dikunjungi pada sore hari karena Anda akan melihat ukiran indah yang diukir oleh seniman Jogja. Sedangkan saat malam, lokasi ini akan dipenuhi dengan lampu temaram yang menambah kesan romantis. Di tempat ini Anda juga akan melihat pemandangan Kota Jogja dari atas.

  1. Taman Pelangi

Bagi wisatawan yang hobi foto, Taman Pelangi bisa jadi pilihan tepat. Lokasinya ada di beranda Monumen Jogja Kembali yang ada di Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman. Di tempat ini ada banyak lampion warna-warni dengan berbagai bentuk seperti bentuk bunga, kartun, hingga bentuk wayang. Spot ini cocok dikunjungi pada malam hari karena warna lampionnya sangat menarik mata.

  1. Alun-alun Kidul

Wisata malam yang mudah dijangkau adalah Alun-alun Kidul. Lokasinya tak jaun dari Malioboro sehingga bisa dijangkau dengan waktu yang sebentar. Di tempat ini banyak warung kaki lima yang menyajikan berbagai menu kuliner.

Selain itu banyak yang menyewakan sepeda berhias lampu kerlap-kerlip. Bentuk sepeda yang tersedia pun sangat unik sehingga cocok pula menjadi objek foto instagram. Alun-alun Kidul juga memiliki wisata budaya yang disebut dengan tradisi Masangin. Tradisi ini berupa tantangan untuk wisatawan untuk melintas di antara dua pohon beringin. Jika berhasil, maka doa dan harapannya akan diaminkan makhluk hidup.

Itulah informasi terkait wisata malam Jogja. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.