Bagikan:

YOGYAKARTA - Berkemah atau camping merupakan suatu kegiatan di alam bebas yang sangat berkesan, apalagi bila Bersama keluarga dan juga anak. Namun apabila mengajak anak wajib tahu tips camping dengan anak yang aman dan juga nyaman.

Camping bersama anak dapat kalian jalani di bumi perkemahan, di pantai, ataupun posisi lain yang memungkinkan. Ke mana juga kalian berencana mengajak anak camping, ayo perhatikan seperti apa tips berikut supaya camping-kalian kian seru serta mengasyikkan!

Tips Camping Dengan Anak

I. Membawa Perlengkapan yang Diperlukan

Ingat ya! kalian bakal menginap di dalam tenda bukan di hotel maupun villa. Jadi pastikan kalian membawa semua barang-barang yang dibutuhkan. Baik itu makanan, perlengkapan tidur, obat-obatan, perlengkapan mandi, payung, jas hujan, serta apapun yang dibutuhkan.

Walaupun begitu, jangan sampai bawa barang berlebihan ya karena tenda dapat jadi sesak dengan beberapa barang bawaan itu.

II. Briefing Anak Sebelum Berangkat

Selalu briefing anak sebelum berangkat. Ceritakan serta berikan mereka gambaran soal area kemah yang bakal mereka datangi.

Kalian perlu katakan jika mereka bakal tidur di dalam tenda yang alas tidurnya yaitu sleeping bag bukan kasur semacam di hotel. Ceritakan hal-hal mengasyikkan juga resiko yang bisa jadi wajib mereka hadapi, kayak serangga serta gelap.

Walaupun kelihatannya merepotkan, mengajak anak-anak camping itu seru serta mengasyikkan lho! Serta percaya nggak percaya, anak-anak juga lebih ‘terkontrol’ dibanding saat berada di rumah. Lebih menghargai makanan, lebih banyak interaksi dengan keluarga, serta masih banyak hal-hal manis lainnya.

III. Cari Tempat Camping yang Family Friendly

Kalian bersama pasangan bisa saja berkemah di kaki gunung, tetapi bagaimana dengan anak-anak? Walaupun judulnya camping, tetap saja utamakan keselamatan serta keamanan keluarga ya!

Triknya yaitu dengan memilih posisi kemah yang ramah anak, semacam camping ground

di dalam hutan. Umumnya camping ground semacam ini sediakan sarana umum, semacam wc, tempat ibadah, serta colokan listrik. Jadi, kalian dapat lebih gampang beraktifitas serta mencukupi kebutuhan anak.

Satu lagi, sekalipun sudah memilih posisi yang ‘lebih hangat’, pastikan si kecil tidak kedinginan ya! Kenakan baju serta celana panjang, lengkap dengan jaket, serta topi. Jangan lupa siapkan sleeping bag serta selimut buat tidur!

IV. Cek Ramalan Cuaca

Perihal yang satu ini pula perlu Kalian perhatikan baik-baik. Jangan nekat berangkat kemah jika cuaca nyatanya tidak menunjang. Sebab ingat, kalian bawa anak-anak yang masih kecil!

Dibanding memaksakan diri serta malah kerepotan di situ, tidak ada salahnya mengatur ulang waktunya pada saat cuaca lagi terang. Serta buat meminimalisir peristiwa tidak terduga, coba cek ramalan cuaca pula ya biar dapat lebih siap.

V. Rencanakan Kegiatan yang Dilakukan

Perihal yang satu ini pula perlu kalian pertimbangkan. Kira-kira aktivitas apa aja sih yang ingin kalian jalani selama berada di zona perkemahan.

Bakar-bakar, mengunjungi tempat wisata di dekat area perkemahan, sampai berjalan-jalan di sekitar sembari bersepeda? Rencanakan hal-hal ini dengan sebaik-baiknya supaya kalian tahu apa saja yang perlu dibawa serta dipersiapkan.

Jika ada orang lain yang juga berkemah, bisa banget lho kalian ajak anak-anak bersosialisasi dengan mereka. Terlebih jika mereka juga memiliki anak kecil!

Selain itu ketahui juga apa saja “5 Perbedaan Glamping dan Camping” agar kalian tak salah untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Jadi setelah mengetahui tips camping dengan anak, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!