Bagikan:

YOGYAKARTA - Bercamping di alam terbuka perlu tahu jenis tenda camping agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan di medan perkemahan. Namun sudah tahukah kalian apa saja? Yuk kita bahas di sini!

Pasalnya, ada beberapa tenda yang sengaja di desain untuk kebutuhan tertentu seperti soal ukuran, ketahanan, dan juga bobotnya.

Nah, apa saja jenis-jenis tenda yang sering dipakai orang berkemah di alam terbuka? Yuk simak di bawah ini!

Aneka jenis tenda (Gambar macrovector-Freepik)
Aneka jenis tenda (Gambar macrovector-Freepik)

Jenis Tenda Camping

I. Tenda Ridge

Tipe tenda yang satu ini mirip seperti rumah dengan atap berbentuk segitiga. Tenda Ridge memiliki ukuran mulai dari yang berkapasitas kecil, sampai yang berkapasitas besar. Buat pemasangan tenda tipe Ridge ini memakai tali serta tiang supaya tenda bisa berdiri dengan kuat.

Tenda ini pula terbilang aman serta nyaman buat camping, dan sanggup menampung sekitar 11-13 orang ataupun satu tim. Beberapa keunggulan dari tenda Ridge ini yaitu lebih kuat dari mayoritas tipe tenda yang lain, sehingga bakal lebih stabil saat diterpa angin kencang serta cuaca jelek.

II. Tenda Quick Pitch

Tenda tipe ini memiliki desain yang relatif baru serta lebih modern, daripada tipe tenda yang lain. Tipe tenda yang satu ini diminati banyak petualang sebab kemudahannya saat didirikan.

III. Tenda Kubah (Dome)

Tenda Dome mempunyai ciri khas pada bentuk melengkung di tiap-tiap tiang penyangga, dengan 2 ataupun 3 kutub tiang yang membujur separuh lingkaran buat menyangga tiang. Tipe tenda Dome ini sangat baik digunakan buat aktivitas camping serta nyaman digunakan buat tidur.

Tipe tenda Dome pula terbilang gampang serta cepat buat didirikan di pegunungan sekalipun. Keunggulan dari tipe tenda ini yaitu bahan serta berat bebannya yang ringan, sehingga gampang dibawa kemana-mana. Tidak hanya itu, tenda tipe ini pula dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan.

IV. Tenda Geodesic Dome

Hampir mirip dengan tenda Dome, hanya saja di bagian depan tenda dibuat tertutup ketika waktu tidur. Tenda jenis Geodesic Dome ini mempunyai banyak ukuran serta struktur yang kokoh, sehingga membuat tenda ini sangat aman buat orang tidur dalam keadaan cuaca berangin.

Desain tenda ini memberikan ruang intern yang luas dengan langit-langit yang lebih tinggi, sehingga sesuai serta aman digunakan buat menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman. Keunggulan dari tenda ini yaitu kemampuannya bertahan di cuaca ekstrem sebab sanggup menahan hujan salju lebat, angin, serta hujan.

V. Tenda Tunnel

Tipe tenda yang satu ini mempunyai wujud yang sangat unik sebab terkesan terbuka, tetapi baik buat camping di alam. Tenda Tunnel mempunyai karakteristik pada bagian tengah memiliki ukuran frame yang lebih tinggi daripada bagian tepi. Sebab tenda ini membentuk terowongan memanjang yang di dalamnya bakal memberikan ruang yang lebih, sehingga tenda ini sangat sesuai digunakan camping rame-rame.

Keunggulan dari tenda tipe ini yaitu ujungnya yang runcing menawarkan proteksi yang lebih terhadap terpaan angin. Tetapi, dalam pemasangannya perlu waktu yang lumayan lama serta membutuhkan lebih dari 2 orang sepanjang proses mendirikan tenda ini.

Pilih Tenda Camping Sesuai Keadaan!

Terdapat banyak tipe serta merk tenda berbeda buat medan yang berbeda pula. Untuk menentukannya, Kalian wajib menganalisis terlebih dahulu tujuan serta kondisi posisi kemah yang bakal didatangi. Jadi, tenda camping bisa dipilih sesuai dengan keadaan tersebut. Kalian pula perlu mengukur bobot tenda pada saat di-packing serta dimasukkan ke dalam ransel. Tidak hanya bobotnya, besaran packing saat dilipat pula perlu dicermati.

Selain mengetahui jenis kalian juga perlu mengetahui Tips Memilih Tenda Camping, agar tidak kerepotan nantinya ketika bercamping di alam terbuka.

Jadi setelah mengetahui jenis tenda camping, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!