Bagikan:

YOGYAKARTA - Menyalakan api unggun menjadi salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan saat berkemah atau camping. Kehangatan dari api unggun bisa mengusir dingin ketika berada di alam terbuka. Lebih dari itu, menikmati api unggun bersama teman-teman juga membuat suasana lebih akrab dan damai. 

Perlengkapan yang perlu dibawa untuk bermalam dengan api unggun pun terbilang sederhana. Sebelum berangkat ke tempat perkemahan, Anda atau kelompok harus menyiapkan kayu bakar. Di beberapa camping ground sebenarnya juga ada yang menjual kayu bakar kepada pengunjung. 

Namun Anda sebaiknya tidak memilih kayu secara asal-asalan untuk dipakai api unggun. Tidak semua kayu cocok untuk media pembakaran di alam terbuka. Lantas kayu apa yang cocok untuk api unggun biar mudah dinyalakan dan awet lama?

Kayu yang Cocok untuk Api Unggun

Semua jenis kayu sebenarnya bisa dibakar untuk api unggun asalkan kayunya dalam kondisi kering. Namun ada jenis kayu tertentu yang sangat mendukung untuk pembakaran api unggu di alam terbuka. Kayu yang dipilih harus yang mudah terbakar serta awet atau tidak cepat habis. 

Berikut ini beberapa jenis kayu yang cocok untuk api unggun sebagai referensi bagi Anda yang berencana camping:

Kayu Pinus

Salah satu jenis kayu favorit untuk api unggun adalah kayu pinus. Jenis kayu ini menghasilkan suara khas saat terbakar sehingga menghadirkan sensasi tersendiri. Kehangatan yang ditimbulkan dari bakaran kayu ini bisa menambah kenyamanan ketika berkemah. Namun di samping mudah terpantik api, kayu ini memiliki durasi bakar yang singkat. 

Kayu Oak

Jenis kayu lain yang mendukung untuk bahan api unggun adalah kayu oak. Kayu oak yang yang telah benar-benar kering dapat terbakar sangat lama karena sifatnya yang kuat, berat, dan padat. Kayu ini juga sangat baik untuk memasak karena tidak mempengaruhi rasa makanan.

Kayu Ash

Kayu ash sering dipilih sebagai kayu bakar karena mampu terbakar dengan baik. Kayu ini memiliki karakter padat dan kadar kelembaban yang rendah. Kayu ini dapat terbakar lebih lama meskipun biasanya sedikit sulit untuk dinyalakan.

Kayu Maple

Kayu maple adalah pilihan ideal jika Anda ingin membuat api unggun untuk memasak. Kayu ini memiliki aroma khas yang dapat memberikan rasa lebih lezat pada makanan Anda. Selain itu, kelebihan lain dari kayu ini adalah memiliki waktu bakar yang lama.

Kayu Beech

Kayu beech memiliki kepadatan yang sangat tinggi, tetapi juga kadar kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, kayu ini perlu dikeringkan dengan sempurna sebelum digunakan sebagai kayu bakar. Saat dibakar, kayu beech akan menyala dalam waktu yang lama dan menghasilkan aroma wangi seperti kacang.

Kayu Cherry

Kayu cherry adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menyalakan api unggung secara mudah dan cepat. Kayu ini juga punya kelebihan yakni waktu bakar yang cukup lama. Selain itu, kayu ini juga mengeluarkan aroma harum yang khas.

Tips Mudah Menyalakan Api Unggun

Bagi yang tidak terbiasa camping atau bermalam di alam terbuka dengan api unggun mungkin akan kesulitan menyalakan apinya. Ada teknik atau tips tersendiri agar kayu api unggun bisa dinyalakan secara mudah dan bertahan lama. 

Ketika membuat api unggun, pilihlah lokasi yang kering dan tidak lembab. Dengan menaruh di tempat berkondisi tersebut, api dapat terus menyala dan tidak mudah padam. Susun kayu bakar dengan benar, misalnya dalam bentuk piramida agar dapat terbakar merata. Buatlah batasan dengan menumpuk batu di sekelilingnya untuk mencegah api menyebar.

Jika perlu menggunakan minyak tanah untuk memicu api, gunakan sedikit saja dan jangan berlebihan. Selain berbahaya, kayu bakar yang terkena minyak tanah akan menghasilkan asap beracun yang tidak baik untuk memanggang makanan dan berbahaya jika terhirup.

Demikianlah beberapa jenis kayu yang cocok untuk api unggun. Duduk santai di dekat api unggun memberikan suasana damai dan nyaman. Jangan lupa untuk memadamkan api jika Anda hendak tidur atau meninggalkan area tersebut. Baca juga tips memilih tenda camping.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.