Bagikan:

JAKARTA - Menghentikan pikiran negatif adalah praktik membingkai ulang pembicaraan negatif pada diri sendiri guna menciptakan perubahan positif dalam pola pikir. Namun menghentikan pikiran negatif membutuhkan lebih banyak usaha daripada sekadar mencoba berpikir positif. 

Menurut penelitian pada tahun 2019 yang dikutip VOI dari Psych Central, Rabu, 10 Juli, anak-anak yang mempraktikkan pembicaraan positif memiliki kemampuan lebih baik dalam matematika. Dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mempraktikkannya sama sekali. Berdasarkan penelitian, subjek yang melakukan pembicaraan positif tentang diri sendiri mampu melepaskan diri dari pikiran negatif apapun tentang kompetensi dan kemampuan mereka. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa teknik psikoterapi dalam mengendalikan pikiran negatif, termasuk terapi perilaku kognitif (CBT), dapat membantu individu menantang pikiran negatif atau irasional. Dengan mengidentifikasi pola pikir negatif berulang, terapis membantu Anda mempelajari cara merespons pikiran negatif dengan cara lebih konstruktif.

Berikut beberapa teknik mulai memperbaiki pemikiran negatif dan menghentikan kritik batin yang bisa coba Anda lakukan. 

Kembangkan kesadaran diri

Kecenderungan membicarakan diri sendiri secara negatif sering kali terjadi secara otomatis. Sebab sifat pikiran manusia terpaku pada hal-hal negatif. Jadi, langkah pertama dalam menantang pikiran negatif yaitu dengan menyadari bahwa Anda sedang mengalaminya.

Ini bukan hanya menyadari apa yang Anda katakan kepada diri sendiri, tetapi juga kapan Anda mengatakannya. Memahami pemicu, perkataan, serta mengapa Anda mengatakannya dapat membantu mengembangkan kesadaran diri yang diperlukan dalam menghentikan pikiran negatif.

Bantahlah segala pikiran negatif

Akan sangat membantu jika Anda memiliki bukti yang dapat menyangkal pikiran negatif saat muncul. Misal, jika Anda berpikir memiliki kinerja buruk dalam pekerjaan, tanyakan pada diri apakah ada buktinya. Apakah atasan atau rekan satu tim baru-baru ini memarahi Anda karena buruknya kinerja.

Menyangkal pemikiran tersebut dengan bukti positif dapat membantu menegaskan kembali kemampuan Anda dan meningkatkan kepercayaan diri.

Berlatih mencintai diri sendiri

Memiliki rasa welas asih terhadap diri sendiri juga merupakan kunci mengatasi pikiran negatif.

“Cintai diri Anda sendiri terlebih dahulu, menerima sepenuhnya siapa diri Anda beserta kekurangannya, pun menerima kenyataan bahwa Anda tidak sempurna,” kata Louisa Jewell, pendiri Asosiasi Psikologi Positif Kanada (CPPA) di Toronto, Ontario.

“Ketika Anda bisa melakukan itu, pembicaraan negatif tentang diri sendiri akan hilang karena Anda mencintai diri sendiri. Dan telah memutuskan tidak akan berpikiran buruk tentang diri sendiri,” lanjut Louisa.

Latih rasa syukur

Penelitian psikologi positif menunjukkan bahwa rasa syukur meningkatkan kesejahteraan emosional dan meningkatkan kebahagiaan. Yang juga dapat menjadikannya alat berharga dalam memulihkan pemikiran negatif. Saat Anda menyadari sedang mengkritik diri sendiri, coba syukuri keberadaan Anda dan apa yang telah Anda ciptakan untuk diri sendiri dapat membantu mengubah pola pikir.