Bagikan:

YOGYAKARTA - Ikan Salpa Maggiore merupakan ikan yang belum banyak orang mengetahuinya. Ikan ini pertama kalinya ditemukan di Selandia Baru. Yuk mengenal ikan salpa maggiore lebih jauh di sini!

Dengan keunikan fisiknya yang luar biasa serta peran pentingnya dalam ekosistem laut, ikan ini jadi objek riset yang menarik serta keajaiban yang tidak terlupakan di dunia bawah laut.

Ikan Salpa Maggiore bukanlah ikan biasa. Badannya yang transparan semacam kaca serta wujudnya yang memanjang menarik perhatian siapa pun yang melihatnya.

Mengenal Ikan Salpa Maggiore

Sama semacam ikan-ikan lain pada umumnya, salpa maggiore pula mempunyai organ badan yang lengkap seperti hati serta insang. Organ badan ikan salpa maggiore berupa gumpalan berwarna oranye di dalam badan transparannya.

Ikan salpa maggiore yang mempunyai banyak sisik ini sepintas mirip ubur-ubur serta senantiasa hidup dalam kelompok yang besar. Ikan salpa maggiore dewasa bisa mempunyai ukuran badan sampai menggapai 25 sentimeter.

Apakah Salpa maggiore Berbahaya?

Salpa maggiore tidak berbahaya serta cuma bakal memakan makhluk kecil semacam plankton. Penting buat dicatat kalau reproduksi serta jumlah spesies ini senantiasa sejalan dengan tingkatan fitoplankton yang mengelilinginya. Saat terjadi lonjakan populasi fitoplankton, makhluk ini bakal tumbuh pesat. Tetapi, saat jumlah populasi

fitoplankton kembali normal, jumlah salpa maggiore pula bakal menyesuaikan. Perihal ini memastikan keseimbangan alam terpelihara di kedalaman laut.

Bukan Temuan Spesies Ikan Baru

Stewart Fraser, seorang nelayan dari Selandia Baru, menangkap makhluk aneh berwujud seekor ikan yang dianggap tidak lazim oleh para nelayan setempat. Keanehan ikan tersebut terletak pada badannya yang transparan. Organ dalam ikan tersebut apalagi juga tidak kasat mata.

“Wujud badannya yang transparan melindungi dari bahaya predator. Tembus pandang ialah kamuflase yang cukup baik di dalam air.”

Makhluk aneh itu ditangkap Fraser saat dia tengah memancing dengan anaknya, Conaugh serta Finn, di sekitar 43 kilometer sebelah utara Pulau Karikari. Dia seketika memandang makhluk aneh yang semula ia sangka udang.

Sehabis ia cermati, tubuh makhluk aneh tersebut nyatanya serupa ikan. Lagi pula makhluk aneh itu nampak lagi berenang di dekat permukaan air laut.

Dia yang penasaran dengan wujud makhluk aneh itu kemudian memutuskan buat menangkapnya supaya bisa mengenali lebih dekat. Nyata benar Fraser melihat makhluk aneh itu berwujud ikan, tetapi badannya transparan.

“Aku bimbang, tetapi rasanya ingin tahu membuat aku menangkapnya buat melihat lebih dekat makhluk aneh ini. Ikan tersebut semacam mempunyai sisik, tetapi badannya transparan seperti jeli, Kalian tidak bakal bisa melihat apapun yang ada pada ikan tersebut kecuali cuma gumpalan kecil berwarna oranye,” ungkap Fraser yang dilansir dari Daily Mail, Selasa (21/1/2014).

Terpaut temuan ini, Direktur Konservasi serta Komunikasi National Marine Aquarium, Paul Cox mengakui cuma sedikit orang yang mengenali tentang ikan tipe itu. Tetapi ikan itu dipastikannya bukan penemuan baru, ikan itu bernama Salpa magiiore.

Baginya, ikan ini sangat banyak ditemui pada belahan selatan Samudera Pasifik. “Ikan Salpa magiiore bergerak memakai kontraktor yang memompa air lewat badannya yang berbetuk seperti jeli, makananya bisa berbentuk fitoplangton,” kata Paul Cox.

Ikan Langka yang Banyak Berada di Tempat Dingin

Walaupun unik serta wujudnya berbeda dari ikan kebanyakan, namun ikan salpa maggiore nyatanya termasuk ke dalam kalangan hewan langka. Salah satu sebabnya merupakan salpa maggiore sama sekali tidak mempunyai pertahanan buat melawan hewan lain yang memburunya.

Ikan salpa maggiore banyak hidup di tempat-tempat yang dingin. Sehabis selesai mengabadikan si ikan lucu ini, keluarga Faster juga kembali melepaskannya ke lautan luas supaya dapat terus hidup. Wah, keren sekali ya! Tertarik buat mampir ke Selandia Baru serta melihat salpa maggiore langsung?

Selain itu kalian juga perlu mengetahui berita tentang “Ilmuwan Temukan Ikan Berstatus Punah di Jawa”.

Jadi setelah mengenal ikan salpa maggiore, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!