Bagikan:

YOGYAKARTA – Asam lambung kerap kambuh saat sedang mengalami tekanan atau stres. Asam lambung atau disebut GERD (gastroesophageal reflux), yang disebabkan aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan sehingga terjadi refluks asam.

Asam lambung bisa membuat mulas dan terasa tidak enak di bagian belakang tenggorokan. Refluks asam ini, banyak memengaruhi orang umum. Melansir Healthline, Jumat, 21 Juni, 20 persen orang dewasa di negara Barat, mengalami reflux asam. Jika Anda mengalami refluks asam lebih dari dua kali seminggu, atau mulai memengaruhi kehidupan sehari-hari, mungkin menderita penyakit yang disebut penyakit GERD.

gerakan yoga yang sembuhkan asam lambung
Ilustrasi gerakan yoga yang sembuhkan asam lambung (Freepik)

Dalam penelitian tahun 2014, sejumlah 45,6 persen orang yang mengalami GERD, dipengaruhi faktor gaya hidup. Studi lainnya, dilaporkan tahun 2021, menemukan bahwa mereka yang memiliki skor stres tinggi mungkin mengalami gejala GERD. Penulis penelitian ini melaporkan bahwa manajemen stres adalah kunci mencegah dan mengelola GERD. Maka karena itulah, yoga dan teknik mindfulness lainnya, seperti meditasi, direkomendasikan dilakukan penderita GERD.

Pakar yoga dan meditasi Barbara Kaplan Herring menjelaskan. Anda dapat berlatih yoga guna mengurangi gejala masalah pencernaan. Untuk yoga yang sembuhkan asam lambung, berikut ini gerakan-gerakannya:

  1. Supta Baddha Sukhasana, yaitu gerakan berbaring di lantai dengan kaki dilipat hingga telapak kaki kanan dan kiri bersentuhan berhadap-hadapan. Tangan dibiarkan rileks di samping badan.
  2. Supported Supta Sukhasana, yaitu tubuh rebah di lantai dengan kaki bersila dan tangan diangkat lurus di atas kepala.
gerakan yoga yang sembuhkan asam lambung
Ilustrasi gerakan yoga yang sembuhkan asam lambung (Freepik/yanalya)
  1. Parsvottanasana, yaitu gerakan berdiri dengan kaki dibuka lebar segaris dengan pergelangan tangan ketika direntangkan ke samping badan. Torso diarahkan ke kaki kanan dengan kedua kaki tetap lurus, tekuk pinggang dengan punggung lurus ke depan hingga membentuk sudut 45 derajat dengan kaki kanan.
  2. Virabhadrasana 1 atau Warrior 1, yaitu gerakan parsvottanasana, namun lutut kaki kanan ditekuk 90 derajat. Tubuh tetap lurus ke arah langit-langit. Kedua tangan direntangkan ke depan dan belakang. Gerakan ini dilakukan bergantian, kaki kanan dan kiri.
gerakan yoga yang sembuhkan asam lambung
Ilustrasi gerakan yoga yang sembuhkan asam lambung (Freepik/brgfx)
  1. Trikonasana, sedikit modifikasi dari gerakan parsvottanasana. Bedanya torso menghadap ke samping, arah pandangan mata lurus ke atas mengikuti tangan kiri dan tangan kanan lurus ke bawah menyentuh lantai atau pergelangan kaki.
  2. Parivritta trikonasana, seperti gerakan trikonasana, tetapi melibatkan twisting pada pinggang dengan menyentuhkan punggung tangan kanan di depan mata kaki kiri.

Setiap orang memiliki respons yang berbeda terhadap setiap gerakan yoga. Terutama bagi Anda yang menderita GERD, jika melakukan enam gerakan yoga yang sembuhkan asam lambung di atas dan merasa tidak nyaman, maka tidak perlu terus melakukannya. Lebih penting lagi, bicaralah pada guru yoga tentang keluhan yang Anda alami. Guru mungkin dapat memberikan modifikasi gerakan yang posisinya tidak memperburuk gejala GERD.

Selain menjalani yoga untuk sembuhkan GERD secara rutin, penting juga menyesuaikan pola hidup Anda. Perhatikan pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Makanlah dalam porsi kecil tetapi lebih sering. Lalu, beri jeda waktu 2-3 jam setelah makan sebelum berbaring. Selanjutnya, pakai bantal yang lebih tinggi saat tidur sehingga perut berada di bawah kerongkongan. Terakhir, hindari memakai pakaian ketat pada perut karena bisa memperburuk gejala asam lambung.