Bagikan:

YOGYAKARTA - Penyebab dari pusing berputar alias vertigo bermacam-macam, yaitu mulai dari adanya partikel kalsium di kanal telinga dalam, penumpukan cairan pada telinga bagian dalam, infeksi telinga akibat virus, hingga gangguan pada otak. Selain itu, vertigo juga bisa disebabkan oleh gangguan lambung akibat asam lambung yang bergejolak. Bagaimana ciri-ciri vertigo karena asam lambung?

Dilansir dari laman Healthy, menurut para praktisi medis, gangguan lambung dan vertigo tidak berhubungan karena timbulnya vertigo umumnya berkaitan dengan gangguan telinga atau otak, sehingga menyebabkan sensasi berputar, bukan karena gangguan pada lambung. Vertigo paling banyak disebabkan oleh gangguan di dalam telinga. Pusing berputar terpicu jika ada bagian makula yang lepas.

Munculnya anggapan bahwa gangguan lambung bisa memicu vertigo bukan tanpa alasan. Sebab, selain dapat menimbulkan sensasi tidak nyaman pada perut (seperti nyeri ulu hati, mual, muntah) dan sesak napas, naiknya asam lambung juga sering menimbulkan pusing. Olah karena itu, pusing inilah yang sering dikira vertigo oleh awam.

Penderita gangguan lambung yang disertai hipoglikemia (rendahnya gula darah) terkadang mengalami pandangan yang kabur. Sehingga, pusing yang disertai pandangan kabur tersebut dianggap sebagai vertigo.

Ada pula kondisi medis yang disebut Gastritis induced vertigo. Kondisi ini merupakan keadaan dimana gastritis (peradangan pada lapisan dinding lambung) menyebabkan perasaan pusing atau ketidakseimbangan fisik pada seseorang, sehingga kemudian dikaitkan pula dengan terjadinya vertigo.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa pasien dengan penyakit refluks gastroesofageal (GERD) atau gastritis memiliki kemungkinan 78% mengalami vertigo perifer. Ketika kandungan asam lambung naik kembali, maka dapat menyebabkan kegelisahan atau pusing pada seseorang.

Ciri-ciri vertigo karena asam lambung. (Freepik/DC Studio)

Ciri-ciri Vertigo

Gejala refluks asam (GERD) akibat naiknya asam lambung, biasanya memiliki ciri-ciri seperti pusing menyerupai vertigo, mulas, cegukan, dan rasa logam di mulut.  Selain itu, ciri-ciri vertigo karena asam lambung yang akan dirasakan penderitanya adalah seperti mual dan muntah, sesak napas, hingga nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar.

Meskipun ciri-ciri vertigo karena asam lambung terlihat saling berkaitan, bahkan disertai dengan gejala pusing yang sama, namun keduanya adalah kondisi penyakit berbeda. Orang yang memiliki gangguan asam lambung biasanya akan mengalami pusing saat kambuh. Inilah yang biasanya dikira sebagai vertigo.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi pusing akibat naiknya asam lambung, yaitu:

  1. Segera beristirahat, duduk, berbaring dan praktikkan teknik pernapasan dalam untuk menenangkan kecemasan.
  2. Hindari konsumsi semua yang dapat menaikkan asam lambung, seperti alkohol, rokok, kopi, soda, dan makanan pedas.
  3. Segera konsumsi obat-obatan medis untuk mengatasi asam lambung, seperti antasida, Proton Pump Inhibitor, dan Antagonis Reseptor Histamine-2. Ada baiknya dapatkan obat-obat tersebut melalui peresepan dokter.
  4. Minum cukup cairan dan tidur yang cukup.
  5. Waspadai hal-hal yang memicu pusing, seperti lampu, kebisingan, dan gerakan cepat, dan cobalah bergerak lebih lambat.

Berdasarkan narasi di atas, maka jika mengalami gangguan lambung yang mengakibatkan pusing atau sakit kepala, dapat obati dulu masalah di lambung dan jangan langsung melakukan diagnosis sendiri bahwa hal tersebut adalah vertigo. Jika asam lambung sudah mereda dan tenang, maka keluhan pusing juga ikut mereda. Konsumsi obat-obatan yang tepat juga dapat dilakukan setelah berkonsultasi dan melakukan anamnesis dengan dokter atau praktisi kesehatan yang tepat.

Demikianlah ulasan tentang camping ground Bogor yang bisa Anda jadikan list untuk berwisata dengan keluarga atau orang terkasih. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.