Kulit Anda Sensitif? Kenali 6 Ciri-cirinya
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Orang sering menganggap kalau kulit sensitif merupakan kulit yang mudah teriritasi. Anda mungkin mengira kalau pemakaian produk dan faktor lingkungan yang menyebabkan kulit teriritasi dengan gejala kulit kemerahan, gatal, hingga berjerawat. Padahal, beberapa kondisi medis seperti rosacea, eksim, dan dermatitis pun menunjukkan gejala serupa. 

Nah, untuk mengetahui apakah kulit Anda termasuk kulit sensitif atau bukan, mari simak ciri-cirinya berikut ini.

Kulit kemerahan

Kulit sensitif akan menunjukkan kemerahan berupa ruam merah, benjolan merah, flushing, blushing, atau bahkan pembuluh darah merah yang melebar. Kulit kemerahan ini biasanya akan hilang jika dijauhkan dengan benda penyebab iritasi atau perawatan ringan.

Bagi penderita yang mengalami kulit kemerahan dalam jangka panjang, perawatan dengan laser sangat diperlukan untuk menghilangkan ruam kulit.

Kulit gatal

Kulit sensitif pun biasanya menimbulkan rasa gatal dan kencang, apalagi jika kulit baru terpapar produk keras. Penggunaan air panas, berada di cuaca yang dingin, dan kering biasanya akan memperburuk rasa gatal. Hindari menggaruk bagian yang terasa gatal karena ini bisa menyebabkan iritasi hingga infeksi. Segera kunjungi dokter kulit jika rasa gatal tak tertahankan.

Kulit perih dan terbakar

Selain kulit kemerahan, paparan produk yang terlalu keras pada kulit sensitif juga mengakibatkan kulit perih dan terbakar pada. Saat hal ini terjadi, segera bilas kulit dengan air dingin untuk menghilangkan rasa perih tersebut.

Kulit kering

Orang dengan kulit sensitif cenderung memiliki kondisi kulit yang kering dan berjerawat. Kulit kering diakibatkan karena jaringan kulit gagal melindungi ujung saraf di kulit dengan baik sehingga kulit tidak mendapat cukup kelembapan. Kondisi kulit kering akan bertambah parah saat cuaca dingin dan kering apalagi jika terkena angin. Gunakan pelembab bertekstur tebal untuk melindungi kulit dari kekeringan.

Kulit terkelupas

Kulit kering dapat mengakibatkan pengelupasan kulit. Ini tentu bisa mengurangi rasa percaya diri sebab kulit kering dan terkelupas akan tampak sangat kasar. Sebaiknya, jangan mengelupas kulit yang terkelupas karena dapat berisiko infeksi dan jaringan parut.

Rentan breakout

Kulit sensitif juga rentan menyebabkan breakout yang tampak seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula. Segera kunjungi dokter untuk menemukan produk yang tepat untuk menghilangkan breakout.