Jerawat <i>Purging</i> dan <i>Breakout</i>, Apa Bedanya?
Ilustrasi Wajah Berjerawat (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Berjerawat memang salah satu masalah kulit yang menyebalkan. Apalagi jika jerawat itu muncul setelah Anda menggunakan skincare baru. Perlu diketahui, terdapat dua kemungkinan kenapa wajah Anda berjerawat usai memakai skincare. Bisa jadi karena purging, bisa juga karena breakout.

Ingat, kedua faktor tersebut memiliki arti berbeda. Jangan sampai Anda salah membedakannya. Purging adalah kondisi di mana wajah sedang melakukan adaptasi dengan produk baru.

Jika Anda rajin menggunakan produk tersebut, maka kemungkinan kulit wajah akan membaik. Bahkan, munculnya jerawat itu bisa menjadi tanda kalau produk bekerja dengan baik.

Sedangkan breakout merupakan keadaan kulit yang bereaksi karena terlalu sensitif terhadap bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Biasanya ditandai dengan jerawat dalam jumlah banyak, berukuran besar, dan terus bertambah seiring waktu. Penyebab hal ini bisa jadi karena pori-pori tersumbat, alergi, atau iritasi.

Pori-pori tersumbat terjadi karena sel kulit mati menumpuk di permukaan dan membentuk mikromedon. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya komedo putih, komedo hitam, hingga jerawat. Biasanya akan sembuh sendiri, tanpa perlu penanganan khusus.

Untuk membedakan antara purging dan breakout, Anda harus memerhatikan bagaimana awal munculnya jerawat tersebut dan berapa lama kulit tetap berjerawat. Jika Anda menggunakan satu produk baru dan mulai timbul jerawat, tunggulah sekitar 7 hingga 10 hari.

Pada hari ke-10, seharusnya kulit sudah bersih dari jerawat sebab kulit sudah bisa beradaptasi dengan kandungan zat di dalam produk. Namun, jika beruntusan dan jerawat terus terjadi setelah hari ke-10, maka bisa dipastikan itu adalah breakout.

Penggunaan produk harus dihentikan kalau sudah terjadi breakout. Jika Anda terus menggunakan produknya, maka wajah akan mengalami kondisi yang lebih buruk.

Kalau kulit wajah sudah terlanjur breakout, Anda bisa melakukan detoksifikasi kulit atau perawatan wajah menggunakan masker wajah untuk membantu menenangkan kulit. Detoksifikasi kulit biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 4 minggu. 

Selama proses perawatan kulit, pastikan selalu menggunakan produk anti iritasi atau anti-inflamasi dan sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari.