Bagikan:

YOGYAKARTA - Sering mendengar istilah mandi susu? Biasanya dahulu ini dilakukan oleh putri Kerajaan dan para bangsawan. Namun sekarang bisa saja dilakukan oleh khalayak umum asal tahu susu apa yang digunakan untuk mandi susu. Yuk kita bahas.

Tidak cuma di spa, Kalian juga saat ini bisa mandi susu sendiri di rumah dengan mempersiapkan beberapa bahan sederhana.

Susu Apa yang Digunakan Untuk Mandi?

Ada bermacam tipe susu yang dapat Kalian pakai buat berendam, yaitu selaku berikut.

1. Susu Kambing

Susu kambing kaya vitamin serta lebih ampuh melembapkan kulit. Apalagi, Kalian juga dapat memakai sabun susu kambing.

2. Buttermilk

Tipe susu ini memiliki lebih banyak asam laktat dibanding tipe susu yang lain sehingga sangat baik buat mengangkat sel-sel kulit mati (proses eksfoliasi).

3. Susu Kacang atau Kedelai

Susu dari kacang-kacangan kaya akan isi lemak yang membantu membuat kulit terasa lebih halus.

4. Susu Sapi

Ini merupakan tipe susu yang paling umum digunakan sebab biayanya murah serta gampang dicari.

Selain itu juga bisa menggunakan “Susu Segar untuk Kecantikan Kulit”.

Mandi susu memiliki segudang manfaat (Gambar engin akyurt-Unsplash)
Mandi susu memiliki segudang manfaat (Gambar engin akyurt-Unsplash)

Cara Mudah Mandi Susu di Rumah

Tanpa perlu membayar mahal, Kalian juga dapat melangsungkan perawatan ini di rumah. Caranya gampang, yaitu cukup dengan menuangkan susu yang sudah disiapkan ke dalam bak mandi berisi air hangat. Berikut panduan yang bisa Kalian ikuti:

  1. Bila Kalian memakai susu cair, masukkan 250–450 ml susu ke dalam bak berisi air hangat. Pakai susu segar tanpa gula ataupun perasa tambahan.
  2. Bila Kalian memakai susu bubuk, masukkan 125–250 gr susu ke dalam bak mandi berisi air hangat.
  3. Kalian pula bisa menambahkan bahan tambahan semacam kelopak bunga, garam laut, tetesan minyak esensial, serta madu murni buat menambahkan manfaatnya.
  4. Lamanya waktu berendam bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Tetapi, hendaknya senantiasa ikuti panduan mandi yang benar dengan tidak berendam lebih dari 10 menit supaya kulit Kalian tidak kering.

Tata cara perawatan kulit ini aman serta mengasyikkan. Bermacam kandungan susu dapat memberikan khasiat dalam menghaluskan, melembapkan, serta mencerahkan kulit. Kekurangannya mungkin hanyalah hasil yang tidak instan.

Apabila Kalian mempunyai permasalahan kulit semacam eksim (dermatitis atopik) serta psoriasis, hendaknya berdiskusi dengan dokter sebelum memakai susu buat mandi.

Dokter bisa membantu memastikan apakah tata cara ini cocok buat Kalian.

Manfaat Mandi Susu

Beberapa manfaat mandi susu yang dapat kalian miliki apabila melangsungkannya secara teratur, antara lain:

I. Mencerahkan Kulit Kusam

Tidak ada tipe perawatan alami yang dapat mencerahkan kulit secara praktis. Tetapi, manfaat mandi susu yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati bisa membuat kulit berangsur-angsur cerah. Umumnya, sel-sel kulit mati yang menumpuk bakal membuat warna kulit nampak kusam serta lebih gelap dari warna aslinya.

II. Membuat Badan Jadi Rileks

Manfaat mandi susu lainnya yang digemari kaum perempuan modern yaitu membuat badan jadi nyaman serta rileks. Kalian dapat menambahkan aneka kelopak bunga ataupun minyak esensial dengan aroma favorit supaya kalian semakin rileks

saat mandi susu. Suasana kamar mandi yang bersih serta dilengkapi pencahayaan yang cukup juga efektif mengoptimalkan sensasi mandi susu di rumah.

III. Menghaluskan serta Melembutkan Kulit

Kandungan lemak serta protein dalam susu dapat melekat serta diserap pori-pori kulit saat kalian mandi susu. 2 nutrisi tersebut bakal membuat kulit terasa halus serta lembut. Kulit kering ataupun sensitif bakal lebih terpelihara bila kalian rutin mandi susu.

IV. Membantu Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Susu pula memiliki Asam Laktat (Asam Alfa Hidroksi ataupun AHA) yang menolong mengangkat sel-sel kulit mati. Asam Laktat membantu melarutkan zat perekat antar sel sehingga kulit mati lebih gampang mengelupas serta digantikan sel kulit baru. Proses regenerasi sel kulit yang berlangsung mudah bakal membuat kulitmu tetap sehat.

Jadi setelah mengetahui susu apa yang digunakan untuk mandi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!