Bagikan:

YOGYAKARTA - Para penggemar film dan drama Korea pastinya sudah nggak asing ketika mendengar istilah Chungmuro. Chungmuro merupakan julukan bagi aktris dan aktor yang sangat disegani dan diakui sebagai bintang kelas atas. Para Chungmuro ini biasanya memainkan lebih banyak proyek film ketimbang drakor. 

Dalam dunai perfilman Korea Selatan, terdapat istilah yang dipakai untuk mengklasifikasikan level para aktor dan aktris. Titel Chungmuro menjadi yang paling tinggi untuk mengkategorikan deretan aktir dan aktris kelas A di Korea Selatan. Pemain film yang masuk kelas A sudah tidak dirangukan lagi pengalaman dan keterampilan aktingnya. 

Apabila sebuah film diisi oleh aktor atau aktris kelas A maka dipastikan film tersebut berkualitas sebagai tontonan. Lantas siapa saja aktor kelas A Korea yang selama ini digandrungi oleh banyak orang?

Daftar Aktor Kelas A Korea

Para aktor kelas A tentunya adalah para pemain yang sudah memiliki sepak terjang panjang dalam industri film Korsel. Aktor-aktor ini sudah berulang-kali muncul di film-film yang sukses mendapat rating tinggi. 

Berikut ini para aktor kelas A Korea yang disegani oleh publik Korea berkat aktinya yang mengesankan:

Song Kang Ho

Bagi yang pernah menonton film PARASITE, pasti tidak asing dengan aktor legendaris Korea Song Kang Ho. Pria yang lahir pada 17 Januari 1967 ini memulai kariernya dengan membintangi film THE DAY A PIG FELL INTO THE WELL pada tahun 1996.

Artis yang telah meraih banyak penghargaan ini memang sudah bercita-cita menjadi aktor sejak kelas delapan sekolah menengah. Setelah lulus dari Gimhae High School, ia memulai akting di kelompok teater sosial. 

Song Kang Ho juga meraih gelar di bidang penyiaran dari Busan Kyungsang College. Sebutan "chungmuro" sangat tepat untuknya karena Song Kang Ho lebih banyak bermain di film daripada drama.

Banyak filmnya yang terkenal dan mendapatkan penghargaan di festival film internasional. Song Kang Ho telah membintangi sejumlah film, di antaranya PARASITE, MEMORIES OF MURDER, A TAXI DRIVER, THE DRUG KING, dan THE FOUL KING. Berkat penampilannya dan pencapaian sederet film tersebut, namanya pun terkenal di dalam dan luar negeri.

Jung Woo Sung

Jung Woo Sung merupakan selebriti multitalenta yang tidak hanya seorang aktor, tetapi juga sutradara, produser, dan model. Lahir pada 22 April 1973, Jung Woo Sung telah aktif di dunia hiburan sejak tahun 1994.

Jung Woo Sung memulai karier aktingnya pada tahun 1994 melalui film THE FOX WITH NINE TAILS. Hingga saat ini, di bawah naungan Artist Company, Jung Woo Sung telah membintangi banyak film dan drama. Pada 2023, Jung Woo Sung merilis drama terbaru “TELL ME THAT YOU LOVE ME” yang mendulang respon positif dari penonton.

Dalam dunia film, Jung Woo Sung telah beradu akting dengan banyak bintang film lain, seperti dalam film INNOCENT WITNESS, HUNT, ASURA, THE KING, COLD EYES, BORN TO KILL, dan lainnya. Jung Woo Sung telah mengambil peran dalam berbagai genre, sehingga tidak mengherankan jika ia mendapatkan julukan chungmuro.

Lee Jung Jae

Aktor berikutnya adalah Lee Jung Jae. Lee Jung Jae memulai karirnya sebagai model fashion dan kemudian debut dalam film LOVE IS OH YEAH! pada tahun 1993. Lahir pada 15 Desember 1972 di Seoul, Korea, ia merupakan lulusan Universitas Dongguk dengan gelar di bidang Teater dan Film. 

Aktor yang berada di bawah naungan agensi C-JeS Entertainment ini telah membintangi banyak film dan serial. Salah satu serial terkenalnya yang menjadi tempat Lee Jung Jae bermain peran adalah SQUID GAME. 

Beberapa film yang dibintangi oleh Lee Jung Jae termasuk ALONG WITH THE GODS: THE TWO WORLDS, ALONG WITH THE GODS: THE LAST 49 DAYS, HUNT, THE THIEVES, dan lainnya. Berkat kemampuan aktingnya dan banyaknya film yang ia bintangi, Lee Jung Jae telah menjadi salah satu aktor chungmuro di Korea Selatan.

Ryu Seung Ryong

Ryu Seung Ryong adalah aktor chungmuro yang lahir pada 29 November 1970. Ia adalah lulusan Institut Kesenian Seoul pada jurusan Teater. Bergabung dengan agensi Prain TPC, Ryu Seung Ryong telah aktif di dunia akting sejak tahun 1998 melalui drama SHADOWS OF AN OLD LOVE. Dirinya debut film pada tahun 2004 dengan judul SOMEONE SPECIAL.

Selain menjadi aktor dan lama berkarir di teater musikal, Ryu Seung Ryong juga berprofesi sebagai guru dengan gelar kehormatan Adjunct Professor di Seoul Art College’s School of Acting Arts. 

Popularitasnya semakin meningkat setelah membintangi film MIRACLE IN CELL NO.7 pada tahun 2013. Beberapa film yang pernah dibintanginya antara lain EXTREME JOB, SOUL STATION, JIRISAN, MIRACLE IN CELL NUMBER 7, LIFE IS BEAUTIFUL, dan lainnya.

Meskipun lebih sering berperan dalam film, Ryu Seung Ryong juga beberapa kali tampil dalam drama seperti MOVING dan CHICKEN NUGGET (2024). Kemampuan aktingnya membuatnya menjadi aktor yang dihormati dan banyak menerima penghargaan.

Ma Dong Seok

Ma Dong Seok, juga dikenal sebagai Don Lee, adalah aktor asal Korea Selatan yang lahir pada 1 Maret 1971. Ia merupakan lulusan Colombus State University di bidang Pendidikan Kesehatan dan Fisik. Dengan postur tubuh atletis, Ma Dong Seok pernah menjadi pelatih pribadi bagi artis seni bela diri campuran Mark Coleman dan Kevin Randleman.

Ma Dong Seok memulai debutnya sebagai aktor pada tahun 2005 dengan film HEAVEN’S SOLDIER. Namanya mulai terkenal setelah membintangi film TRAIN TO BUSAN pada tahun 2016. Kariernya terus menanjak hingga ia berhasil debut di Hollywood dengan film THE ETERNALS pada tahun 2021, berperan sebagai Gilgamesh.

Ia dijuluki sebagai aktor chungmuro karena lebih banyak mendapatkan peran di film daripada drama. Ma Dong Seok telah membintangi banyak film, termasuk BADLAND HUNTERS, THE VILLAGERS, CHAMPION, ALONG WITH THE GODS: THE TWO WORLDS, dan lainnya. Dari berbagai peran tersebut, ia berhasil meraih banyak penghargaan bergengsi dan mendapatkan dukungan besar dari para penggemarnya.

Demikianlah sederet aktor kelas A Korea yang dijuluki sebagai chungmuro. Para aktor-aktor di atas berhasil membuktikan kepiawaiannya dalam bidang akting. Film-film yang dibintangi berhasil meraih rating tinggi di kalangan penikmat tontonan berhasil mendapat penghargaan bergengsi tingkat lokal maupun internasional. Baca juga aktor Korea yang wajib militer di usia muda

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.