Namanya Sempat Tenggelam, Aktris Terbaik Oscar 2021 Youn Yuh Jung Kembali Dikenal Berkat Film Dewasa <i>The Housemaid</i>
Youn Yuh Jung dalam The Housemaid (IMDB)

Bagikan:

JAKARTA - Youn Yuh Jung menjadi aktris Korea pertama yang memenangkan penghargaan Academy Awards berkat perannya dalam film Minari. Setelah sekian lama beradu peran dalam dunia hiburan, Youn Yuh Jung menyabet penghargaan dan meraih atensi internasional.

Di balik prestasinya tersebut, aktris 73 tahun ini melewati berbagai pasang surut dalam kehidupannya. Besar di Korea Selatan, Youn Yuh Jung memulai karier aktingnya dengan berperan dalam drama Korea Mister Gong tahun 1967.

Dalam waktu singkat, dia menjadi populer berkat perannya dalam film Woman of Fire arahan Kim Ki Young. Namun, kepopuleran itu menurun seiring pernikahannya dengan penyanyi Jo Young-Nam di tahun 1974.

Pindah ke Amerika Serikat, Yuh Jung memilih pensiun dari dunia akting. Sampai di tahun 1987, mereka bercerai.

Kemudian, dia kembali ke Korea Selatan dan menjadi pemeran pendukung dalam film A Good Lawyer’s Life di tahun 2003. Tidak butuh waktu lama, aktingnya kembali jadi perhatian dalam film The Housemaid tahun 2010 arahan Im Sang-Soo.

Im Sang Soo - yang dikenal dengan deretan film thriller-nya  - menjadi rekan duet dalam karier akting Youn Yuh Jung. Terbukti, film erotis The Housemaid menjadi titik balik dalam hidup Youn Yuh Jung yang melakoni peran sebagai Byeong-Sik.

Setelah itu, dia berakting dalam sejumlah film serta variety show seperti Salut d’Amour, Canola, sampai yang terbaru Minari.

Dalam film Minari, Youn Yuh Jung berperan sebagai Soon-ja, nenek dari Monica (diperankan Han YeRi) yang pergi ke Arkansas untuk ikut tinggal bersama keluarga Monica.

Berkat Minari, Youn Yuh Jung mendapat beberapa penghargaan sebagai Best Supporting Actress seperti British Academy Film Awards, Dorian Awards, Independent Spirit Awards, dan lainnya.