Susul Bong Joon-Ho Menang Best Director dalam Oscar 2021, Chloe Zhao Cetak Dua Sejarah
Chloe Zhao (Twitter @NomadlandFilm)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara Chloe Zhao dari film Nomadland memenangkan penghargaan sebagai Best Director dalam acara Academy Awards ke 93 yang diadakan pada Minggu, 25 April waktu setempat.  Dengan perolehan ini, Zhao menjadi sutradara perempuan kedua yang membawa pulang piala Oscar 2021 kategori di bidang ini setelah sutradara Kathryn Bigelow untuk The Hurt Locker di tahun 2010.

Chloe Zhao juga menjadi orang Asia kedua yang menggondol Oscar di kategori Best Director usai Bong Joon Ho yang memenangkan kategori sama tahun lalu. Dalam acaranya, Zhao menerima penghargaan dari Bong Joon-Ho, pemenang Best Director tahun lalu.

Pidatonya berisi ucapan terima kasih kepada tim produksi film Nomadland dan para nominator lainnya. Kemudian dia menceritakan sedikit masa kecilnya di China di mana dia dan ayahnya suka bermain gim untuk mengingat puisi dan teks bahasa hina.

“Saya selalu menemukan kebaikan dari orang-orang yang saya temukan di manapun di dunia,” katanya dalam salah satu rangkaian pidatonya.

Lebih lanjut, dia berharap siapapun yang memiliki iman dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam diri mereka sendiri.

Selain mendapat piala Oscar 2021 untuk Best Director, Chloe Zhao dan Nomadland mendapat nominasi Best Picture, Best Performance by an Actress in a Leading Role, Best Film Editing, dan Best Cinematography.