Bagikan:

YOGYAKARTA – Obat terkena daun jelatang sebenarnya mudah. Namun ketidaktahuan mengatasi ruam, gatal, hingga bengkak yang disebabkan daun jelatang membuat penderitanya memilih untuk mendiamkannya. Padahal jelatang mampu memicu alergi. Lalu obat apa yang harus diberikan saat seseorang tak sengaja menyentuh daun jelatang dengan kakinya?

Obat Terkena Daun Jelatang

Jelatang memiliki nama resmi Urtica Dioica. Tanaman ini banyak tumbuh di Asia bahkan Eropa. Biasanya jelatang tumbuh di area sedang hingga lembab. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 2 meter.

Perlu diketahui bahwa daun jelatang dapat memicu ruam merah dan gatal di kulit. Hal itu terjadi karena daunnya yang kasar dengan bulu menyengat (trikoma). Bulu ini yang akan menimbulkan sensasi perih hingga menyebabkan ruam.

Biasanya seseorang yang terkena jelatang tak menyadarinya. Bisa jadi orang tersebut merasa nyeri di kakinya dan terus mencari penyebab tiba-tiba gatal di kulit. Jika Anda berjalan kaki di perkebunan dengan rimbun rumput yang lebat bisa jadi Anda terkena jelatang. Saat terkena sengatan jelatang ada baiknya melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Jangan Menyentuhnya

Sesaat setelah kulit bersentuhan dengan jelatang, usahakan untuk tidak menyentuhnya selama 10 menit pertama. Pasalnya jelatang akan mengeluarkan bahan kimia yang memicu gatal. Saat disentuh atau terkena gesekan, pemicu gatal tersebut akan makin masuk ke dalam kulit dan memicu reaksi yang lebih parah lagi, dilansir dari Healthline.

Membiarkan kulit yang terkena jelatang akan membuat pemicu ruam kering sehingga lebih mudah untuk dihilangkan nantinya.

  1. Basuh dengan Air Sabun

Jika sudah 10 menit, Anda bisa membersihkan area yang terkena jelatang dengan air dan sabun. Langkah tersebut juga akan membantu mengurangi rasa sakit, gatal, hingga bengkak yang terjadi. Jika tak ada sabun dan air, Anda bisa menggunakan kain bersih lalu usapkan perlahan di kulit hingga dirasa bersih.

  1. Hilangkan Serat Daun dengan Selotip

Penting untuk menghilangkan serat jelatang di permukaan kulit karena serat tersebut jadi bagian pemicu gatal dan ruam. Cara menghilangkannya adalah dengan menempelkan permukaan kulit dengan selotip, setelah itu cabut selotip pelan-pelan. Lakukan seperlunya hingga serat benar-benar hilang.

  1. Bubuk Soda Kue

Anda juga bisa menggunakan soda kue untuk meredakan sengatan jelatang. Soda kue bersifat basa sehingga mampu menetralkan asam yang disebabkan jelatang. Caranya adalah dengan menyampurkan soda kue dengan air dingin. Setelah itu usapkan di bagian yang tersengat dengan kain lembut dan bersih. Diamkan sesaat lalu bersihkan dengan air.

  1. Kompres dengan Air Dingin

Di beberapa kasus ruam dan bengkak yang disebabkan jelatang bisa bertahan lebih lama. Untuk meredakannya Anda bisa mengompres permukaan kulit dengan air dingin atau lidah buaya. Disarankan untuk tidak menggosoknya, cukup menyeka pelan-pelan agar dampaknya tak meluas.

  1. Berikan Hidrokortison

Jika kemerahan dan gatal tak kunjung membaik setelah beberapa jam, Anda bisa mengoleskan krim, losion, atau salep yang mengandung hidrokortison. Kandungan tersebut akan membantu meredakan merah, gatal, dan pembengkakan.

Itulah informasi terkait obat terkena daun jelatang. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.