Bagikan:

YOGYAKARTA - Nama daun jancuk mungkin masih asing di telinga banyak orang. Daun jancuk merupakan julukan dari daun jelatang. Tanaman ini kerap tumbuh di jalur pendakian gunung maupun wilayah perbukitan. Namun daun ini bisa menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan.

Daun ini bisa memunculkan rasa gatal di kulit karena efek dari kandungan asam format di dalamnya. Kandungan ini dapat menembus kulit dan melebarkan pori-pori, sehingga membuat aliran darah terangsang. Ketika daun ini dioleskan ke tubuh maka akan terasa sensasi gatal yang kuat.  

Di balik namanya yang aneh dan efek gatalnya, daun jancuk memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Daun jancuk dan daun jelatang sering dimanfaatkan oleh masyarakat di Indonesia timur untuk mengatasi masalah kesehatan. 

Masyarakat di Papua dan Maluku menggunakan daun ini guna meredakan pegal dan nyeri otot. Lantas apa saja khasiat daun jancuk dan bagaimana cara mengolah atau mengonsumsinya?

Apa Itu Daun Jancuk

Daun jancuk atau daun jelatang secara umum mengacu pada genus Laportea yang banyak tumbuh di tanah Indonesia, terutama di Maluku dan Papua. Setidaknya ada tiga spesies umum dari ini, yakni Laportea decumana, Laportea peltata, dan Laportea stimulans syn.

Ada juga daun jelatang yang tergolong dalam genus Urtica, yaitu Urtica dioica yang lebih sering hidup di luar negeri. Daun jelatang Urtica dioica sebenarnya memang berasal dari luar negeri, namun bisa tumbuh di Indonesia dan sudah ada yang menanamnya. 

Bentuk dan ukuran daun jancuk terlihat berbeda-beda karena perbedaan spesies dan genus tersebut. Meskipun demikian, tanaman perdu ini punya karakter umum berupa batang pohon yang lunak. Selain itu, ciri khas lainnya adalah adanya rambut-rambut halus di permukaan daun. 

Semua jenis daun jelatang sama-sama menyebabkan efek gatal, baik itu genus Laportea maupun Urtica. Namun keduanya juga memberikan khasiat dalam meredakan rasa nyeri dan pegal. Di samping itu, Urtica dioica yang dalam bahasa Inggris dikenal ‘stinging nettle’ juga menimbulkan efek panas terbakar saat tersentuh kulit.

Manfaat Daun Jancuk

Penelitian ilmiah mengenai manfaat daun jancuk untuk kesehatan sudah banyak dibuktikan. Daun jelatang genus Urtica dioica dipakai untuk berbagai masalah kesehatan. Daun ini dapat dikonsumsi dengan cara mengolahnya menjadi sayuran bening atau tumisan. 

Mengonsumsi daun ini secara rutin juga dapat memperlancar aliran air susu ibu (ASI). Ada juga penelitian lain yang mengembangkan daun jancuk spesies Urtica dioica menjadi krim anti-aging (anti-penuaan).

Tanaman yang sama juga dapat digunakan untuk membuat salep yang berkhasiat meredakan nyeri. Sementara itu, daun jancuk genus Laportea baru dimanfaatkan sebata untuk pereda pegal, nyeri otot, nyeri perut, nyeri kulit. 

Daun jancuk tidak hanya mengandung efek analgetik dan atau pereda nyeri, dua genus ini juga memiliki efek antiinflamasi. Daun ini juga bisa membantu dalam mencegah peradangan di tubuh. Khasiat ini ditimbulkan dari kandungan asam yang menyebabkan rasa gatal kulit, sehingga mengakibatkan pori-pori melebar dan meningkatkan aliran darah.

Cara Mengolah Daun Jancuk

Penggunaan daun jancuk untuk mendapatkan manfaatnya sangatlah mudah. Bagi Anda yang ingin memakai daun ini untuk mengatasi masalah kesehatan, cukup tinggal langsung mengoleskannya di bagian tubuh yang diinginkan. Oleskan daun langsung ke kulit atau area yang terasa pegal dan nyeri. 

Jika ingin merasakan efeknya lebih kuat, Anda bisa menumbuk daun ini. Kemudian oleskan tumbukan daun tersebut ke kulit atau area nyeri dan pegal. Selain itu, penggunaan daun ini juga tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Manfaat dari daun ini justru berasal dari rambut-rambut halus yang terletak di permukaan daun. 

Demikianlah ulasan mengenai khasiat daun jancuk yang bermanfaat baik bagi kesehatan. Daun ini bisa menyebabkan rasa gatal, namun efeknya bisa hilang sendiri dalam beberapa hari. Bagi Anda yang ingin mencoba meredakan gatal dan nyeri secara alami, cobalah menggunakan daun ini. Baca juga jenis tanaman toga dan khasiatnya

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.