Bagikan:

YOGYAKARTA – Peneliti mengeksplorasi selama beberapa dekade, untuk mencegah dan mengobati depresi, diantaranya dengan melakukan pengobatan, terapi bicara, dan olahraga. Olahraga, menurut penelitian sama efektifnya dalam mengobati depresi seperti psikoterapi dan pengobatan.

Sejumlah tinjauan baru yang secara sistematis dikumpulkan oleh tim peneliti global, menunjukkan banyak bukti bagaimana olahraga membantu melawan depresi. Tinjauan tersebut dipublikasikan dalam British Medical Journal, mencakup 218 penelitian dengan melibatkan 14.000 peserta.

jenis olahraga yang efektif membantu melawan gejala depresi
Ilustrasi jenis olahraga yang efektif membantu melawan gejala depresi (Freepik/teksomolika)

Tinjauan tersebut meneliti jenis olahraga dan intensitas latihan untuk menentukan perawatan terbaik bagi individu. Berikut beberapa temuannya dilansir Psychology Today, Minggu, 9 Juni:

  • Menari, termasuk olahraga jika dikombinasikan dengan olahraga lainnya, seperti jalan kaki atau jogging, termasuk teknik terapi paling efektif dalam meredakan gejala depresi. Jalan kaki dan jogging, sama efektifnya bagi pria dan wanita.
  • Yoga, seperti yang kita tahu bahwa latihan kekuatan dengan gerakan-gerakan yoga, jika dipadukan dengan latihan aerobic campuran, dan tai chi serta qi gong, cukup efektif bila dilakukan secara teratur untuk mendapatkan kesehatan mental.
  • Olahraga ringan, seperti jalan kaki dan hatha yoga, bahkan olahraga yang lebih berat seperti lari yang dilakukan dengan interval lebih efektif dalam mengurangi gejala depresi.
  • Penelitian selanjutnya menemukan, latihan kekuatan lebih efektif untuk wanita, dan yoga atau qi gong lebih efektif bagi pria. Terutama untuk orang dewasa yang lebih tua. Sedangkan untuk kaun muda, latihan kekuatan lebih efektif.
  • Catatan dalam penelitian menunjukkan, peserta penelitian lebih cenderung mengikuti program olahraga mencakup yoga atau latihan kekuatan. Program olahraga yang berkelanjutan, penting karena mempertimbangkan pasien mematuhi program pengobatan.

Selain jenis olahraga yang efektif melawan gejala depresi, para peneliti juga menyoroti manfaat tambahan yang diberikan dengan olahraga rutin. Misalnya, kelas olahraga menawarkan interaksi sosial, yang juga bermanfaat memperbaiki gejala depresi.